oleh

Mahasiswa Jurusan Biologi Unima Tanam Pohon di Gunung Sasayaban Minsel

Minahasa Selatan – ligo.id – Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi (HMJB) Universitas Negeri Manado (Unima) menanam pohon di sekitar Gunung Sasayaban Kelurahan Buyungon.

Hal itu dilakukan untuk memperingati hari besar lingkungan hidup bekerjasama dengan pemerintah Kelurahan Buyungon Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan.

Ketua Program Studi Biologi FMIPA UNIMA, DR. Meyti Tanor. Ms., menyampaikan, pohon yang sudah disiapkan juga ada berbagai macam bibit buah rambutan, sirsak dan bibit pohon Mahoni, Nantu.

“Bibit itu rencananya akan ditanam di Gunung Sasayaban karena kita melihat, kondisi gunung itu, sudah gersang. Maka atas informasi dari salah satu anggota mahasiswa, yang sudah pernah kunjungi tempat itu, yang kebetulan ada di tim HMJ Biologi, maka kami memutuskan untuk mencoba menanam pohon dan buah di Sasayaban,” ungkap Meyti saat mengawasi kegiatan itu.

Mahasiswa yang menggagas penanaman pohon di Sasayaban tersebut kata Meyti, dari jurusan Biologi, dan dari mahasiswa Unima sebanyak 16 orang. Termasuk pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi dan panitia.

Baca :  Marten Taha Jajaki Kerjasama Digitalisasi UMKM dengan Pemprov DKI Jakarta

“Baik dari pendidikan, dan biologi murni, dan perlu diketahui, bahwa jurusan biologi ini ada terbagi dua jalur, Pendidikan Biologi yang nantinya akan jadi guru, dan Biologi Murni yang non pendidikan artinya, bukan untuk guru. Namun yang datang ini adalah gabungan jurusan,” jelas DR. Meyti.

Sementara itu, masyarakat di kelurahan Buyungon menyambut baik aksi penanaman pohon tersebut.

Bahkan Lurah Buyungon, Petrus Ulaan, ST. merasa diberi kejutan dan bersyukur mahasiswa Biologi memilih kelurahan Buyungon menjadi sasaran dari kegiatan penanaman pohon.

“Tiba-tiba ada program seperti ini yang masuk ke kelurahan. baru saya tahu ada acara seperti ini. Apa yang akan ditanam nanti, akan membawa dampak positif bagi alam dan Minsel pada umumnya.” ungkap Petrus.

“Terima kasih karena teman-teman dari UNIMA sudah memberikan suatu apresiasi terhadap alam dan lingkungan yang ada. Terima kasih juga untuk para perangkat kelurahan yang sudah membantu kegiatan ini” sambungnya.

Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi, Ersa Somba menjelaskan, di penghujung masa kepengurusan, pengurus HMJB berusaha memberikan kesan positif bagi pengurus selanjutnya.

Baca :  Dukung Percepatan Vaksinasi, Wawali Ryan Kono Datangi Enam Lokasi TVS

“Kegiatan kami ini adalah acara puncak untuk kegiatan kepengurusan kami, dengan judul -Restorasi Ekosistim-. Kami akan menutup kegiatan kami di sekitar Pantai Amurang dengan kegiatan peduli lingkungan, yaitu bersih-bersih pesisir pantai Amurang, yang nanti kita laksanakan di pantai Boulevard,” imbuh Ersa. #stv/red

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *