by

Menang Dramatis Lawan Aston Villa, Manchester City Juara Premier League 2022

Ligo.id –  Manchester City mengamankan gelar juara Liga Inggris 2021/2022 usai menang dramatis 3-2 atas tamunya, Aston Villa dalam laga pekan terakhir di Etihad Stadium, Manchester, Minggu (22/5/2022) malam WIB.

Manchester City menang setelah sempat tertinggal dua gol dalam 70 menit pertandingan.

Comeback fenomenal ini memang diperlukan Manchester City mengingat hasil yang dipetik tim pesaing juara, Liverpool di laga lainnya yang dihelat bersamaan.

Ya, Liverpool menang 3-1 atas tamunya, Wolves di Anfield malam ini. Namun, kemenangan itu tak berpengaruh karena Manchester City juga memetik tiga poin maksimal di pekan pamungkas ini.

Manchester City keluar sebagai kampiun usai finis teratas di klasemen akhir dengan raihan 93 angka dari total 38 pertandingan, sementara Liverpool harus puas keluar sebagai runner-up dengan 92 poin dari 38 laga.

Keberhasilan ini membuat Manchester City meraih gelar keempat Liga Inggris dalam lima musim terakhir, hanya gagal pada musim 2019/2020 ketika Liverpool keluar sebagai juara.

Di Etihad Stadium, pada babak pertama, Man City mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan Gabriel Jesus hampir memanfaatkan kesalahan lini pertahanan Aston Villa, namun upayanya tersebut masih melenceng dari gawang.

Man City kembali mengancam kali ini setelah Jesus mengirimkan umpan kepada Phil Foden yang tendangannya masih menyamping di sisi kanan gawang Aston Villa.

Sempat terus menerus digempur, Aston villa malah unggul pada menit ke-37 ketika umpan dari Lucas Digne sampai ke kepala Matty Cash yang mampu membobol gawang dari Man City sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Hingga berakhirnya babak pertama, Man City terus mengurung Aston Villa, namun disiplinnya lini pertahanan The Villa membuat skor 0-1 tetap bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Man City langsung mengambil inisiatif menyerang dan berusaha untuk membongkar lini pertahanan Aston Villa, namun beberapa upaya yang dilakukan oleh pemain The Citizen masih belum menemui hasil.

Man City harus tertinggal dua gol pada menit ke-68 ketika Philippe Coutinho mencetak gol kedua Aston Villa pada pertandingan ini setelah menerima umpan dari Ollie Watkins dan mengubah skor menjadi 2-0.

Pada menit ke-75, Man City memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 setelah umpan silang Raheem Sterling mampu ditanduk dengan baik oleh Ilkay Gundogan.

Man City mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-78 ketika umpan Oleksandr Zinchenko mampu dimanfaatkan dengan baik melalui tendangan mendatar Rodri ke sisi pojok kanan gawang Aston Villa dan mengubah skor menjadi 2-2.

Ilkay Gundogan mencetak gol keduanya pada pertandingan ini dan membawa Man City berbalik unggul 3-2 setelah menerima umpan dari Kevin De Bruyne pada menit ke-81.

Di sisa waktu babak kedua, Man City berusaha mengamankan keunggulan dengan berusaha menahan bola sekuat mungkin dan hingga peluit panjang berbunyi, skor 3-2 tetap bertahan.

Selain itu City, Liverpool, Chelsea dan Tottenham Hotspur yang masing-masing finish urutan satu, dua, tiga dan empat, berhak masuk Liga Champions.

Sedangkan Arsenal dan Manchester United yang masing-masing finis urutan lima dan enam, masuk Liga Europa. Sementara West Ham United yang menduduki urutan ketujuh masuk Liga Conference Europa.

Adanya tujuh wakil Inggris dalam kompetisi Eropa karena salah satu dari empat besar Liga Inggris juga menjuarai Piala FA, yakni Liverpool.

Burnley akhirnya terdegradasi menyusul dua tim sebelumnya yang sudah lebih dulu dinyatakan terlempar ke Liga Championship. #oya

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *