Hasil Indonesia vs Iran 0-5, Shin Tae-yong: 3 Gol Lawan dari Kesalahan Sendiri

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia Shin Tae-yong memberikan evaluasi terkait kekalahan 0-5 dari Iran dalam laga uji coba terakhir di Al Rayyan Sports Club, Doha, Qatar, Selasa (9/1/2024).

“Memang ada beberapa kesalahan dari lini belakang kita, apalagi ada tiga gol yang merupakan hasil dari kesalahan kita sendiri,” ujar Shin Tae-yong dalam keterangannya dikutip dari laman PSSI, Rabu (10/1/2024).

“Ke depannya lawan akan lebih banyak menguasai bola. Karenanya kita akan melatih situasi itu, agar pemain bisa mencari celah untuk menyerang balik dan menciptakan peluang yang baik,” kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Shin Tae-yong juga menjelaskan kondisi terkini Asnawi Mangkualam yang sebelumnya mengalami cedera otot.

“Untuk Asnawi memang sebelumnya ada masalah otot, jadi fokus rehabilitasi selama ini, dan memang hanya dimainkan 20-30 menit untuk cek kondisi Asnawi seperti apa. Jadi di awal pertandingan Asnawi tidak bisa main sebagai kapten, maka dari itu wakil kapten, Jordi, yang jadi kapten,” tambahnya.

Sementara itu, Shayne Pattynama masih berada di Belanda karena kondisi kesehatan ibunya yang kurang baik.

“Ini situasi yang sangat sensitif untuknya jadi saya tidak bisa banyak berkomentar,” ungkapnya.

Sementara itu, pemain belakang Timnas Indonesia, Elkan Baggott mengaku tetap optimistis terkait hasil yang akan dicapai pada Piala Asia 2023.

“Tentu kami masih optimistis. Kami tidak melihat hasil pertandingan hari ini. Kami hanya melihat bagaimana kami mempraktikkan apa yang sudah kami latih untuk menghadapi pertandingan pertama kami. Jadi seluruh tim masih berusaha bersama dan masih optimistis menatap turnamen,” jelas Elkan.

Pertandingan ini merupakan uji coba ketiga bagi skuad Garuda setelah sebelumnya kalah dua kali dari Libya (0-4 dan 1-2) pada uji coba di Turki pada 2 dan 5 Januari lalu.

Timnas Indonesia, dalam Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam, akan melakoni laga perdana melawan Irak pada 15 Januari 2024. Empat hari berselang, Vietnam akan menjadi lawan mereka, dan pada laga terakhir grup, Jordi Amat dan kawan-kawan akan menantang Jepang pada 24 Januari mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *