oleh

Marten Taha : Tanamkan Niat Membaca pada Anak Usia Dini

LIGO.ID – Walikota Gorontalo Marten Taha,membuka acara Lomba Bercerita bagi siswa SD/MI tingkat Kota Gorontalo tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Gorontalo. Bertempat disalah satu hotel Gorontalo.Senin(24/5/2021)

Marten Taha mengatakan bahwa pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui tiga jalur yaitu keluarga,satuan pendidikan dan masyarakat(UU No. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan). Pembudayaan kegemaran membaca ini lebih mudah ditanamkan pada anak sedini mungkin dan berlanjut secara terus-menerus.

“Dalam mewujudkan anak yang mempunyai kegemaran membaca,harus di optimalkan potensi sumber perpustakaan yang ada baik perpustakaan umum daerah,perpustakaan sekolah,kelurahan dan perpustakaan mobil keliling”pinta marten.

Lanjut,marten menjelaskan bahwa membaca merupakan unsur penting dalam pendidikan,baik bersifat formal maupun non formal yang terus tetap dijaga dan ditingkatkan,sedangkan lomba bercerita merupakan salah satu kegiatan untuk mengembangkan kegemaran membaca bagi siswa SD dan MI sekaligus melestarikan budaya daerah gorontalo melalui cerita rakyat.

Baca :  Eldo Wongkar Resmi Nahkodai PB Esport Minahasa Selatan

“Dimana cerita rakyat tersebut bisa menumbuhkan rasa kekaguman anak pada khasanah kekayaan budaya bangsa sehingga anak yang genar membaca akan tumbuh menjadi anak yang kebih cerdas,kaya informasi,terdidik dan berwawasan”jelasnya.

Pemerintah kota gorontalo melalui program dan kegiatan ini,kata marten tercermin dalam visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota gorontalo dengan semangat smart yaitu sejahtera,maju,aktif,religius dan terdidik.

“Dalam artian bahwa masyarakat kota gorontalo adalah masyarakat yang cerdas,dengan program ini bertujuan mengembangkan minat baca masyarakat dengan melalui lomba bercerita dalam menumbuhkan rasa kagum dan cinta terhadap budaya bangsa khususnya budaya daerah gorontalo”pungkas Marten. #vv

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *