Gelar Forum Konsultasi Publik, Pemda Bolmut Bahas Standar Pelayanan Publik

Boroko – ligo.id – Penyusunan standar pelayanan publik di kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dibahas melalui forum Konsultasi Publik (KP) yang digelar di aula Bapelitbang Bolmut, Senin (4/7/2022).

Kegiatan yang dimotori oleh Bagian Organisasi Setda Bolmut itu dibuka secara resmi oleh Assisten Administrasi Umum Uteng Datunsolang, S.Pd, M.Si, dalam kapasitas mewakili Bupati Bolmut Drs. H. Depri Pontoh.

Dalam sambutan tertulis Bupati Depri, yang dibacakan oleh Assisten Uteng Datunsolang, memaparkan dalam memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat yang cepat dan tepat, perlu melahirkan pelayanan publik yang prima.

“Untuk melahirkan pelayanan publik yang prima, dalam memenuhi harapan dan kebutuhan masyarkat dengan capat dan tepat,” ucap Uteng.

Tentunya lanjut Uteng, diperlukan komitmen, kebersamaan, serta sinergitas semua pihak, sebagai ikhtiar secara berkelanjutan juga disiplin yang panjang.

Baca juga :  Teken NPHD Pengamanan Pilkada, Bukti Pemkot Siap Sukseskan Pilkada 2024

Selain itu, diperlukan pula transformasi sistem, transformasi tata kelola, perubahan pola pikir, dan perubahan budaya kerja, maupun mengubah kebiasaan dilayani menjadi melayani.

“Tentunya tidak akan terjadi begitu saja, memerlukan komitmen, kebersamaan, serta sinergitas semua pihak, memerlukan ikhtiar secara berkelanjutan, disiplin yang panjang, transformasi sistem, transformasi tata kelola, perubahan pola pikir, dan perubahan budaya kerja, maupun mengubah kebiasaan dilayani menjadi melayani,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Setda Bolmut, Supriadi Goma, S.PdI, mengatakan Forum KP tersebut bertujuan untuk mendapatkan masukan dan saran dari masyarakat menuju pelayanan publik yang efektif dan efisien.

Baca juga :  Bahas RPJPD Bapppeda Hadirkan Tiga Narasumber Berkompeten

“Forum konsultasi publik ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dan saran dari masyarakat, agar pelaksanaan pelayanan publik semakin efektif dan efisien,” ujar Supriadi.

Saran dan masukan itu tambah Supriadi, dapat menumbuhkan inovasi serta kreatifitas penyelenggara pelayan publik.

Di tempat yang sama, Ketua IKA PMII Cabang Kabupaten Bolmut, Immaduddhyin Guhung, S.Fil.I, yang sebagai peserta pada Forum KP tersebut menaruh aprrsiasi atas kegiatan itu.

“Saya mengapresiasi kegiatan seperti ini serta berharap kegiatan seperti ini dilaksanakan secara berkala sebagai bagian dari upaya perbaikan penyelengaraan pelayanan publik di daerah, tentunya dengan melibatkan masyarakat secara langsung,” ujar Guhung.

Guhung, yang juga sebagai tim pakar Bapemperda DPRD Bolmut itu mengaku suda menggarisbawahi sejumlah catatan sebagai bahan masukan bagi DPRD Bolmut sebagai bajan evaluasi bagi eksekutif dan legislatif.

Baca juga :  Wakil Bupati Asahan Ikuti Ramah Tamah dengan Serikat Buruh se-Kabupaten Asahan

“Khususnya kendala-kendala di lapangan yang menyebabkan belum efektif dan efisiennya pelayanan publik selama ini,” kunci Guhung. Terpantau sejumlah pimpinan OPD hadir dalam kegiatan tersebut, termasuk Staf Ahli Bupati Bolmut. #rom/my

Komentar