oleh

Alasan Nelson Dorong Sektor Pertanian Pulihkan Ekonomi Di Tengah Pandemi

Limboto – ligo.id – Sektor pertanian akan diandalkan pemda Kabgor untuk memulihkan ekonomi yang lumpuh akibat pandemi Covid-19. Karenanya pertanian juga akan disokong dengan program-program pendanaan pemerintah.

“Karena itu, periode kedua saya sekarang, pertanian, perkebunan, perternakan, UMKM, betul-betul menjadi perhatian. Karena untuk memulihkan ekonomi kita akibat Covid, ini yang harus kita dorong,” kata Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo.

Guru Besar Ilmu Pertanian itu menilai sektor pertanian sangat berkontribusi sebagai penggerak perekonomian daerah di kabupaten Gorontalo. Dengan luas lahan pertanian ditambah tenaga kerja lokal, kata Nelson presentasinya masih sangat mendominasi.

Baca :  Nelson Minta Mahasiswa KKN UNG Dampingi Program KUR dan Vaksinasi

“Ini yang akan saya gairahkan. Kita selalu mengatakan tenaga kerja kita, masyarakat kita lebih banyak di pertanian. Lahan kita banyak, ini potensi luar biasa,” ujar Nelson saat melakukan kunjungan ke Balai Penyuluh Pertanian (BPP). Telaga Biru. Jumat (3/9/2021).

Kata nelson, pemerintah Kabupaten Gorontalo juga akan mendukung masyarakat petani untuk memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Menurutnya, dengan sokongan dana KUR, petani lebih berpeluang mengembangkan lahan pertanian dan meningkatkan produktifitasnya.

Apalagi pemerintah pusat telah mengalokasikan dana KUR khusus menopang pertanian, jumlahnya mencapai Rp70 Triliun. Di Kabgor, Nelson mencontohkan, petani jagung saja kisaran pinjaman yang berikan mencapai Rp12 juta untuk 1 hektar lahan.

Baca :  20 Jurnalis di Gorontalo Ikuti Latihan Keamanan dan Keselamatan dalam Liputan

“Mulai tahun ini saya dorong petani, bagaimana mendapat dana KUR. Khusus pertanian,” tandasnya. #zil/ef

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *