by

Kapolri Mutasi Tiga Kapolda; Papua Barat, Gorontalo hingga Lampung

Jakarta – ligo.id – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo lakukan rotasi dan mutasi sejumlah perwira tinggi (Pati) hingga perwira menengah (Pamen) Polri.

Tiga pejabat di antaranya yang dimutasi, adalah Kapolda Papua Barat, Kapolda Gorontalo dan Kapolda Lampung.

Mutasi dan rotasi tersebut tertuang dalam lima surat telegram (TR) Kapolri, NOMOR: ST/1213/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1214/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1215/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1216/VI/KEP./2022, dan NOMOR: ST/1217/VI/KEP./2022.

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Dedi Prasetyo menyebut rotasi dan mutasi ini dilakukan sebagai penyegaran dan regenerasi.

“TR mutasi merupakan hal yang alamiah dalam organisasi kepolisian, tour of duty, tour of area. Kemudian dalam rangka untuk penyegaran organisasi dan regenerasi dan sebagainya. Ini dalam rangka meningkatkan perfomance kinerja kepolisian,” kata Dedi. Selasa (21/6/2022).

Dalam TR tersebut tertera, Kapolda Papua Barat Irjen Tornagogo Sihombing dimutasi menjadi Wairwasum Polri. Sebagai gantinya, Kapolda Papua Barat akan dijabat oleh Irjen Daniel Tahi Silitonga.

Baca juga :  Marten Taha Sambangi Lokasi Kebakaran di Tomulabutao dan Serahkan Bantuan

Sedangkan, Kapolda Lampung akan dijabat oleh Irjen Akhmad Wiyagus yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Gorontalo. Sementara, Irjen Hendro Sugiatno yang sebelumnya menjabat Kapolda Lampung ditempatkan ke luar struktur di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Adapun, Kapolda Gorontalo akan dijabat oleh Irjen Helmi Santika yang sebelumnya menjabat sebagai Korsahli Kapolri.

“TR yang sama yaitu Dankor Brimob tetap Irjen Anang Revandoko menduduki jabatan Pati bintang tiga, dan Wadankorbrimob Brigjen naik jadi pati bintang dua. Kabag Renmin menjadi Karo Renmin Ops diduduki oleh Kombes Rudy Haryanto nanti akan menduduki jabatan Brigjen,” kata Irjen Dedi mengakhiri. #cak/rd

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *