Pemkot Gorontalo Usulkan H.B. Jassin Dinobatkan jadi Pahlawan Nasional

Jakarta – ligo.id – Pemda Kota Gorontalo merekomendasikan tokoh asal Gorontalo, Hans Bague Jassin atau yang populer dikenal dengan nama H.B. Jassin menjadi Pahlawan Nasional Republik Indonesia.

Hal ini disampaikan Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat Seminar Nasional Kepahlawanan H.B. Jassin Mencerdaskan Bangsa di Jakarta. Selasa (22/2/2022)

“Usulan ini tentu ada alasannya, ada substansinya, kenapa pemerintah kota Gorontalo mengusulkan tokoh H.B. Jassin agar dijadikan pahlawan Nasional,” ujar Marten Taha. Senin (22/2/2022).

Politisi senior di partai Golkar itu berharap, rekomendasi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah kota Gorontalo akan mendapat respon yang positif dari pemerintah pusat.

Baca juga :  Otonomi Daerah Banyak Berikan Dampak Positif

“Sehingga H.B. Jassin kita nobatkan beliau sebagai orang yang sangat luar biasa di dalam dunia sastra di Indonesia,” ujar Marten.

Menurutnya, kemajuan dunia sastra dan budaya di Indonesia sangat lekat dengan campur tangan karya sastra dari H.B. Jassin.

“Beliau berhasil menempatkan sastra Indonesia menjadi salah satu tongkat peradaban bangsa, tentunya melalui karya-karya beliau yang sangat fenomenal,” kata Marten.

Wali Kota berprestasi itu mengajak masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Gorontalo agar menghargai sejumlah karya-karya besar yang diciptakan oleh pria kelahiran Gorontalo itu.

Baca juga :  Kementan Siap Bantu Kota Gorontalo, Berkat Kedekatan Marten dengan Sang Menteri

Kendati demikian, mantan Ketua Deprov Gorontalo itu mengakui perjuangan mengusulkan H.B. Jassin menjadi pahlawan Nasional berbeda dengan pengusulan Bapak Nani Wartabone menjadi Pahlawan Nasional.

“Secara substansi, itu masih di anggap sebagai pahlawan, tapi ini beda, pak H.B. Jassin berjuang dalam sepi. Tetapi karya beliau sangat luar biasa,” ujar pria yang akrab disapa MT itu. #zil/vv/fen

Komentar