Kim Jong Un, Dikabarkan Meninggal Dunia

LIGO.ID – Rumor kematian Kim Jong Un, pemimpin tertinggi Korea Utara, masih misteri. Melansir The Guardian, Minggu (26/04), kereta milik Kim Jong Un terlihat di Wonsan pada 21 dan 23 April. Kabar itu diketahui melalui pindaian satelit proyek pemantauan Korea Utara yang berbasis di Washington.

Bahkan keberadaan kereta pribadi di kota pelabuhan sisi timur Korea Utara itu tak menjamin sang diktator berusia 36 tahun tersebut berada di sana.

“Kehadiran kereta tidak membuktikan keberadaan pemimpin Korea Utara. Atau menunjukkan apa pun tentang kesehatannya tetapi itu memberikan bobot pada laporan bahwa Kim tinggal di daerah elit di pantai timur negara itu.” tulis Reuters dalam laporannya, Minggu (26/04).

Seorang pejabat senior Pentagon (markas besar Departemen Pertahanan Amerika Serikat) menyebut, tak menemukan informasi tambahan terkait kondisi kesehatan Kim Jong Un.

Kendati dia menilai kehadiran kereta di Wonsan dan absennya Kim dari beberapa upacara penting memperkuat dugaan masalah kesehatan yang dialaminya.

“Kami tidak melihat indikasi atau menerima informasi tambahan untuk membuat penilaian konklusif tentang status kepemimpinan Korea Utara atau kesehatan Kim Jong Un.” Kata petinggi pentagon tersebut kepada Newsweek.

Spekulasi terkait kesehatan putra dari Kim Jong-il itu merebak, setelah diketahui absen dalam peringatan ulang tahun pendiri Korea Utara yang juga merupakan kakeknya, Kim Il-sung pada 15 April lalu.

Diktator berjuluk Rocket Man itu juga dilaporkan melewatkan agenda libur nasional lain, yakni Hari Yayasan Militer Korea Utara pada sabtu (25/04).

Kabar kedua bahkan, menghembuskan rumor bahwa Kim Jong Un telah meninggal dunia, sebagaimana pertama kali dilaporkan media Hong Kong. (suara/es)

 

Baca juga di: Dikabarkan Meninggal, Kereta Milik Kim Jong Un Terlihat di Wonsan

 

Komentar