Pentingnya Kolaborasi dalam Menjaga Inflasi

Selain menjalankan 4K, yakni ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga, dan komunikasi yang efektif, kolaborasi juga sangat penting dalam menjaga inflasi.

Demikian penyampaian Wali Kota Gorontalo, Marten Taha ketika memaparkan materi

pada high level meeting dan capacity building TPID dan TP2DD se-Provinsi Gorontalo serta Benchmarking klaster pertanian di Provinsi Jawa Tengah, Rabu (29/5/024).

“Selain berpegang teguh pada empat upaya, yaitu ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi keterjangkauan harga, dan komunikasi yang efektif, maka satu saya tambahkan yaitu kolaborasi dengan berbagai stakeholder yang ada,” ucap Marten.

Baca juga :  Sekdaprov Gorontalo Hadiri Wisuda 218 Siswa-Siswi Alislah

Menurutnya, jika kolaborasi tidak dilakukan, maka strategi 4K yang selama ini menjadi andalan pemerintah daerah tidak akan terlaksana.

“Kalau tidak kita lakukan kolaborasi, maka susah untuk melakukan empat upaya itu,” ucap Marten

Dia juga menegaskan, inflasi harus terus terjaga. Utamanya, kata Marten, ketika menghadapi hari besar keagamaan dan hari besar nasional.

Karena, lanjut Marten, dihari-hari seperti itu, masyarakat akan belanja besar-besaran untuk kebutuhan pokok. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah daerah untuk bisa menstabilkan harga bahan pokok demi kenyamanan masyarakat.

Baca juga :  Seorang Warga Ditetapkan Tersangka Usai Gadaikan Mobil Leasing

“Apalagi, Kota Gorontalo bukan daerah penghasil dan selalu bergantung pada daerah sekitar. Oleh karena itu, upaya untuk menjaga kelancaran distribusi adalah menjaga kerja sama dengan daerah-daerah penghasil,” pungkasnya.

High level meeting yang dilaksanakan di Kota Semarang itu, berlangsung selama 2 hari mulai dari tanggal 29 sampai 30 Mei 2024.

Writer: Riskawati PapeoEditor: Vivi Thalib

Komentar