oleh

Festival Tutulu, Tradisi Warga Kecamatan Tibawa Rayakan Tahun Baru Islam

LIGO.ID – Momentum Pergantian Tahun Hijriah dari Bulan Dzulhijjah 1441 H, ke 1 Muharram 1442 H, dimanfaatkan oleh masyarakat Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo untuk melakukan perayaan Gebyar Tutulu.

Menurut keterangan Latif Suparman, Camat Tibawa, festival tersebut sudah dilakukan sejak 2 tahun lalu, dan tahun ini merupakan yang ke 3 kalinya, dengan persiapan yang lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu 40 ribu kue cucur.

Adapun lokasi yang menjadi pusat dari kegiatan tersebut yaitu, bertempat di Masjid Istiqomah Desa Isimu Selatan kecamatan Tibawa.

“Pada tahun 2018 kemarin kami menargetkan ada 5000 cucur, tapi karena antusias masyarakat yang terkumpul mencapai 8000 cucur. Ditahun kedua peningkatannya semakin signifikan. Dari taget yang hanya 17.500 yang terkumpul mencapai 40 ribu lebih.” ungkap Latif. Rabu (19/8)

Latif menambahkan, kegiatan tersebut akan menerapkan protokol kesehatan, jadi tidak ada lagi masyarakat yang berkumpul di pinggir jalan, mereka langsung di arahan ke rumah warga.

“Untuk tidak mengurangi kerumunan, maka akan kita arahkan ke rumah-rumah warga, kalau tahun-tahun yang lalu seluruh stand berada di pinggir jalan.” lanjutnya.

Rencananya, Festival Tutulu akan berlangsung pada malam ini pukul 19.00 WITA, dan akan dihadiri langsung oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo. (ed/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *