oleh

Waketum Apeksi: Normalkan Ekonomi Daerah

Gorontalo – ligo.id – Rapat perdana Dewan Pengurus Pusat APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia), Sabtu (06/03/2021) terlaksana dengan baik.

Begitu kata Wali Kota Gorontalo, Marten A. Taha, yang juga Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat APEKSI Bidang Pemerintahan dan Otonomi.

Wali Kota Gorontalo Dua Periode ini jelaskan, sekitar lima program prioritas yang dibahas dalam rapat perdana itu.

Masing-masing penguatan peran seluruh Kota-Kota di Indonesia, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya recovery ekonomi di tengah pandemi Covid-19, karena diketahui bersama bencana non alam ini sudah melumpuhkan seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Dan APEKSI menargetkan, pada triwulan kedua kondisi ekonomi daerah bisa kembali normal.

Baca :  Pemkot Gorontalo Imbau Warga Kota Waspada Dampak Badai Siklon Tropis

Berikutnya tentanga program dana bantuan sosial dari Pemerintah Pusat, atau Kementerian terkait.

Dimana APEKSI sangat mengharapkan, Kementerian Sosial RI bisal melakukan pendataan kepada calon penerima bantuan baik mereka yang kurang mampu, dan terdampak Covid-19 secara akurat.

Kemudian tentang program dana kelurahan, yang diketahui pada tahun ini ditiadakan oleh Pemerintah Pusat.

Dan APEKSI akan merekomendasikan kepada Pemerintah Pusat, agar mengadakan lagi dana kelurahan di tahun 2022 dan seterusnya.

Sebab program dana kelurahan ini, bukan hanya membantu Pemerintah Kota di Indonesia termasuk Kota Gorontalo, melaksanakan program kegiatan. Tetapi, turut memberdayakan masyarakat dalam pembangunan.

Baca :  Pelaku Penganiayaan Perawat RS Siloam Palembang Ditangkap Polisi

Dan terakhir adalah tentang Peraturan Presiden atau Perpres nomo 33, tentang satuan harga regional yang menurut APEKSI menyulitkan daerah di Indonesia.

“Jadi rangkaian kegiatan kami APEKSI di hari ini, diawali dengan Jalan sehat bersama kemudian rapat perdana Dewan Pengurus Pusat APEKSI masa bakti 2021-2024, yang juga membahas tentang program kegiatan dan kerja serta keuangan juga perumusan rekomendasi dari hasil Munas APEKSI Bulan Februari lalu. Dari hasil rapat yang kami laksanakan tadi, dalam waktu dekat ini kami seluruh Dewang Pengurus Pusat APEKSI akan melakukan audiens dengan Presiden RI Joko Widodo, serta seluruh kabinet kerjanya,” pungkas Marten. (#vv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *