Viral! Penumpang Super Air Jet Kepanasan

Ligo.id – Viralnya video yang menunjukan para penumpang maskapai Super Air Jet kepanasan hingga basah kuyup imbas sistem pendingin pesawat tak berfungsi membuat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menegur keras pihak maskapai.

Diketahui maskapai Super Air Jet nomor penerbangan IU-737 rute Bali-Jakarta mati AC saat terbang selama kurang lebih 2 jam.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni mengatakan telah menginstruksikan direktorat terkait agar teguran kepada maskapai Super Air Jet itu bisa segera diberikan.

Selain teguran, ia mengatakan Ditjen Perhubungan Udara juga menginspeksi lebih lanjut untuk memastikan bahwa pesawat tersebut aman untuk digunakan kembali.

“Saya mendapatkan informasi bahwa pesawat tersebut mengalami gangguan pada sistem pengatur tekanan udara di kabin sehingga membuat suhu udara di kabin pesawat tinggi dan penumpang menjadi tidak nyaman karena kepanasan” katanya seperti dikutip dari keterangan resmi Jumat (24/3/2023).

Selain inspeksi, pihaknya juga memerintahkan Super Air Jet menginvestigasi internal mereka atas permasalahan tidak berfungsinya sistem pendingin kabin pesawat dan melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan agar permasalahan ini tidak terulang kembali.

Selain itu, pihaknya juga memerintahkan Super Air Jet membina personel penerbangan jika ditemukan bukti bahwa mereka melaksanakan tugas di luar standar operasional prosedur yang berlaku.

Ia juga mengimbau seluruh maskapai terus meningkatkan pelayanan serta mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan, mengingat sebentar lagi akan menghadapi periode angkutan udara Lebaran 2023 di mana mobilitas masyarakat sangat tinggi.

“Pada periode persiapan angkutan udara Lebaran tahun ini, kami akan melakukan ramp inspection/inspeksi terhadap pesawat yang akan beroperasi melayani mudik lebaran. Saya mengingatkan kembali para operator di bidang penerbangan untuk mematuhi prinsip 3S+1C dalam penerbangan yaitu safety, security, services, dan compliance (kepatuhan pada aturan yang berlaku)” ucap Kristi.

Sebuah video viral yang diunggah salah satunya oleh akun Instagram @jakartainformasi menunjukkan AC maskapai Super Air Jet dengan nomor penerbangan IU-737 rute Bali-Jakarta mati hampir dua jam.

Peristiwa itu turut terekam dalam sebuah video dan beredar di media sosial.

Dalam video yang diunggah, tampak sejumlah penumpang mengipas-ngipaskan sebuah kertas, diduga untuk menghilangkan panas akibat matinya AC di pesawat itu. #

Komentar