oleh

Tiga Kepala Daerah di Gorontalo Bakal Dilantik Secara Tatap Muka

Gorontalo – ligo.id – Pengusulan pelantikan tiga Kepala Daerah di Provinsi Gorontalo secara tatap muka atau Luring menjadi pembahasan dalam rapat yang berlangsung di kediaman pribadi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Mengawali pembahasan, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta kepada asistennya untuk mempersiapkan segala kebutuhan dalam pelantikan tersebut.

“pak asisten, tolong persiapkan rencana pelantikan tiga bupati dan wakil bupati terpilih. tadi mereka bermohon untuk tetap dilantik secara langsung, bukan virtual. coba kita buatkan dulu surat ke direktur jenderal otonomi daerah (Dirjen Otda) kemendagri untuk pelantikan ini”. Ucap Gubernur Gorontalo. Sabtu (20/2/2021).

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menambahkan, pelantikan secara tatap muka memungkinkan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pelantikan hanya dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati serta pejabat yang melantik.

Baca :  Bangun Wisata Museum, Deprov Gorontalo Ajak Kolaborasi Pemda Bolsel

“jadi nanti surat ke dirjen otda isinya jangan minta petunjuk, tetapi mengusulkan saja permintaan dari daerah agar mereka tetap dilantik langsung di provinsi. terkait protokol kesehatan tentu saja diperketat, bahkan yang hadir dibatasi”. Tambahnya.

Usulan pelantikan langsung sifatnya tidak memaksa.  Pihaknya menerima apakah usulan ini disetujui atau tidak oleh Kemendagri. Pihaknya hanya mempertimbangkan faktor sakralitas pelantikan bagi kepala daerah terpilih.

Sebagaimana diketahui, pada akhir tahun 2020 kemarin dilangsungkan pilkada di tiga daerah di Gorontalo yakni Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Pohuwato. Para Bupati dan Wakil Bupati terpilih yakni Nelson Pomalingo – Hendra Hemeto sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo, Hamim Pou – Merlan Uloli Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bone Bolango, dan Saipul Mbuinga – Suharsi Igirisa Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pohuwato. (#c)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *