oleh

Terbaik dalam Pelayanan Publik, Kota Gorontalo Raih Penghargaan dari KemenPANRB

Jakarta – ligo .id – Berhasil mempertahankan predikat Sangat Baik, sebagai unit pelayanan publik pemerintah daerah tahun 2020, Pemerintah Kota Gorontalo kembali raih penghargaan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

Hasil penilaian oleh Kemenpan RB, Kota Gorontalo masuk dalam 121 daerah yang dinilai sangat baik atau bernilai A- menerapkan Undang-Undang nomor 29 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Ada 400 unit pelayanan publik yang kita nilai, 200 unit PTSP dan 200 lainnya pelayanan Dukcapil. Kota Gorontalo masuk 121 daerah yang penerapannya sangat baik.” beber Fahrul Rizal usai menyerahkan piagam penghargaan ke Wali Kota Gorontalo Marten Taha. Jakarta. Kamis (01/04/21).

Implementasi UU tersebut, kata Fahrul, akan dievaluasi setiap tahun, utamanya yang termasuk dalam indikator yang dievaluasi adalah aspek pelayanan publik.

Baca :  Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango Jadi Tuan Rumah Festival Kabupaten Lestari

Menurutnya, Kemenpan RB melihat sejauh mana standar penyusunan dan penetapan pelayanan publik, dengan memberikan kepastian pelayanan dari segi biaya, waktu, syarat dan mekanisme.

“Aspek kepuasan masyarakat, kemudahan atas pelayanan sangat menentukan opini kepuasan pelayanan publik. Juga aspek profesionalitas SDM yang meliputi kompetensi, kode etik dan pemberian reward dan punishment.” jelasnya.

Lanjut Fahrul, aspek berikut adalah ketersediaan sarana dan prasarana pendukung, seperti ruang tunggu, kenyamanan bagi kaum tertentu, ruang lakstasi dan bermain anak.

Hal ini juga kata rizal adalah aspek yang sangat menentukan terpenuhinya standar pelayanan publik.

Belum lagi jelas Fahrul, aspek sistem informasi pelayanan publik. Apakah pemanfaatan website unit pelayanan publik selalu melakukan pemutakhiran data secara terus menerus. Serta adanya sarana pengelola pengaduan yang bersifat langsung maupun tidak langsung.

Baca :  Gagasan Nelson Pomalingo Untuk Momen 20 Tahun Provinsi Gorontalo

“Terakhir, inovasi yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi, terkait pemberian informasi waktu, biaya dan persyaratan agar masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memperoleh pelayanan.” ungkapnya.

“Kami berharap kota Gorontalo, terus mempertahankan prestasi ini dan kedepan lebih dapat ditingkatkan lagi.” harapnya.

Ditempat yang sama, Wali Kota Gorontalo Marten Taha menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenpan RB yang telah memberikan perhatian serius kepada kota Gorontalo dalam mendorong kualitas pelayanan publik di daerah.

“Penghargaan ini tentu akan memotivasi kami di kota Gorontalo dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.” pungkas Marten optimis. #vv/adm

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *