oleh

Ryan Kono di Lomba Kelurahan: Dorong Masyarakat Kota Lebih Produktif

GORONTALO – Desa dan Kelurahan Bangkit, Sehat, maju dan Sejahtera di masa pandemi Covid-19, kata Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan F. Kono Selasa (25/05/2021), jangan hanya dijadikan seremonial dalam kegiatan lomba kelurahan tingkat Kota Gorontalo.

Tetapi harus diwujudkan dalam bentuk implementasi program kegiatam, yang tidak hanya sebatas dalam rangka perlombaan, namun harus benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

“Apalagi lomba kelurahan
tingkat Kota Gorontalo ini, bagian dari evaluasi, pembinaan dan pengawasan,” ujarnya.

“Lomba kelurahan tingkat Kota Gorontalo ini, salah satu bentuk pembinaan dan pengawasan oleh Pemerintah Kota Gorontalo dalam melaksanakan evaluasi. Sebagaimana diatur dalam Perpres nomor 11 tahun 2015, tentang Kemendagri RI ..,”

“Serta Permendagri RI nomor 81 tahun 2105, tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan tahun 2021. Dan tema yang diusung desa dan kelurahan bangkit, sehat, maju dan sejahtera di masa pandemi Covid-19, jangan hanya dijadikan ‘penyedap’ dalam kegiatan ..,”

“Tetapi harus dilaksanakan dengan benar, sampai dirasakan oleh masyarakat Kota Gorontalo khususnya di masing-masing kelurahan,” ujarnya.

Selain itu evaluasi perkembangan keluraan yang dimaksud, Ia harapkan tidak hanya untuk mengetahui status tingkat perkembangan kelurahan. Namun bisa mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

Baca :  Marten Taha Jajaki Kerjasama Digitalisasi UMKM dengan Pemprov DKI Jakarta

“Serta bisa mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat, daya saing kelurahan yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Sekaligus bisa mengembangkan produktivitas masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” jelasnya.

Kegiatan lomba yang diikuti oleh seluruh kelurahan, ia harapkan juga tidak hanya semata-mata dalam mengejar juara. Tetapi bisa memberikan rangsangan kepada masyarakat agar bisa berinovasi, dan lebih produktif.

“Yang terpenting adalah inovasi yang dihasilkan, dilakukan oleh Pemerintah Kelurahan khususnya pada dinamika sosiologi akibat bencana non alam, yaitu pandemi Covid-19 ..,”

“Maka saya berharap kepada seluruh aparat kecamatan, agar dapat mengevaluasi sekaligus mendorong serta memberi motivasi terhadap kelurahan, bisa melaksanakan lomba dengan sportif serta mengimplementasikan pada program di masing-masing wilayah,” pungkasnya. #vv

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *