Roem Kono : Mari Bangun Daerah Melalui Pertanian

LINTAS PERTANIAN (LIGO) – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Roem Kono tak henti-hentinya memberikan perhatian kepada daerah Gorontalo. Hal ini nampak dengan kehadirannya pada kegiatan Evaluasi Upaya Khusus (UPSUS) Padi, Jagung, Kedelei (Pajale) Oktober-Maret (OKTMAR) 2017-2018 di Grand Palace Kota Gorontalo.

Menurutnya, untuk membangun daerah dari sektor pertanian juga tidak lepas dari peran penyuluh. Sehingganya Roem Kono menginginkan kesejahteraan penyuluh juga turut diperhatikan.

“Saya menginginkan agar penyuluh-penyuluh ini yang merupakan prioritas utama dalam keberhasilan program kita, agar diperhatikan kesejahteraanya. Penyuluh yang belum ASN sebanyak 61 orang tadi, juga saya sudah mengajukannya kepada Kementerian. Penyuluh juga harus pro aktif terhadap masalah–masalah yang dihadapi oleh petani, pemberentasan hama dan pembayaran asuransi pertanian yang tidak lancar, permasalahn benih, pupuk, ini juga harus menjadi perhatian penyuluh,” tutur Roem Kono, Kamis (08/03/2018) saat menjadi narasumber dalam pertemuan evaluasi UPSUS Pajale.

Harapan besar Roem Kono para penyuluh pertanian dapat ikut serta membangun daerah Gorontalo.

Baca juga :  Lantik PAW PPS di Dua Kelurahan, Mario Nurkamiden : Patuhi Peraturan dan Regulasi
“Saya sudah berbicara dengan Gubernur, saya sudah bicara dengan kepala Dinas Ketahanan Pangan, supaya kita dapat mempercepat masalah kesejahteraan rakyat Indonesia melalui petani,” harap Roem.

Roem Kono menilai penguatan-penguatan petani melalui sumber daya manusia utamanya penyuluh yang merupakan unjung tombak keberhasilan petani. Peran petani pun dalam membangun daerah pertanian sangatlah besar. Roem melihat semangat petani sangatlah luar biasa.

Namun masalah yang sering saja bermunculan ialah program bantuan Pemerintah, baik pupuk, benih dan kekurangan benih yang harus diatasi. Dirinya juga mengingingkan para petani di Gorontalo untuk didorong dalam memanfaatkan lahan-lahan pertanian yang kosong.

Baca juga :  Aparat Kelurahan dan Kader Siap jadi Garda Terdepan Keamanan Pangan

Sebagai Wakil Rakyat yang dipilih oleh masyarakat Gorontalo dirinya tegaskan sudah menjadi keharusan untuk mengawal kebijakan Nasional demi kepentingan masyarakat Gorontalo.

“Saya sebagai orang yang kalian pilih, saya tidak akan meninggalkan kalian. Saya tetap bersama kalian. Saya akan mengawal kebijakan Nasional, untuk kepentingan masyarakat daerah Gorontalo yang saya cintai ini,” Tegasnya.

Roem mengaku, sebagai orang yang dipercayakan masyarakat Gorontalo ke DPR-RI dirinya akan terus bekerja untuk rakyat, yang merupakan tanggung jawab yang diberikan rakyat kepadanya.

“120 ribu orang yang pilih saya. Saya tidak boleh main-main dengan tanggung jawab ini. Karena saya menyadari suara rakyat adalah suara Tuhan yang tidak boleh dimain-mainkan. Selama saya masih menjadi Anggota DPR RI, melalui pertanian ini saya akan terus berjuang untuk rakyat,” ucap Roem Kono.

Roem Kono juga menekankan, apapun yang dilakukannya adalah untuk kepentingan rakyat, yang merupakan cita-citanya untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat Provinsi Gorontalo.

Baca juga :  Danrem 133 Nani Wartabone Kunjungan Kerja ke Kodim 1304 Gorontalo
“Itu saja cita-cita saya, kalau orang mengganggap lain-lain silahkan saja, tidak masalah bagi saya,” tuturnya.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Arlan

Komentar