oleh

RESMI: Joe Biden dan Kamala Harris Jabat Presiden dan Wapres Amerika Serikat

Washington – ligo.id – Amerika telah resmi memiliki presiden baru, seperti yang diketahui bahwa presiden terpilih AS yakni Joe Biden bersama Kamala Haris telah resmi dilantik sebagai presiden AS dan Wakil Presiden AS.

Dengan telah dilantiknya Joe Biden sebagai Presiden Amerika membuat Biden berstatus sebagai Presiden Amerika yang tertua dalam sejarah, Biden sendiri kini telah berumur 78 tahun.

Sementara Kamala Haris sendiri setelah beberapa saat sebelumnya sebagai mantan senator AS dari California, negara bagian terpadat di AS, telah diambil sumpahnya sebagai wakil presiden.

Baca :  Kontak Tembak di Papua, 1 Anggota KKB Tewas Tertembak

Dan ia menjadi perempuan pertama yang memegang jabatan pemerintahan tertinggi sepanjang sejarah Amerika. Harris merupakan keturunan Afrika dan India.

Acara pelantikan disaksikan oleh tiga mantan presiden, Barack Obama, George W. Bush dan Bill Clinton, tapi tidak dihadiri oleh Presiden Donald Trump.

Trump mengabaikan tradisi yang telah berlangsung selama 152 tahun, di mana presiden yang masa jabatannya habis, menghadiri pelantikan presiden penerusnya.

Wakil Presiden Mike Pence menghadiri acara pelantikan bersama istri, sementara Trump terbang meninggalkan Washington menuju negara bagian Florida pada Rabu pagi.

Baca :  Tragedi 21 Februari, Hari Peduli Sampah Nasional

Lautan manusia yang biasanya menjadi pemandangan setiap acara inagurasi presiden AS kali ini tidak tampak, karena alasan keamanan dan juga pandemi yang masih melanda Amerika. (#c)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *