Resmi Diundang, Netanyahu Bakal Pidato di Kongres AS pada 24 Juli

Di tengah perang Gaza yang memanas, Kongres Amerika Serikat mengumumkan tanggal resmi kehadiran Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Washington.

Dalam surat undangan resmi Kongres AS yang ditandatangani Ketua DPR Mike Johnson (Republik), Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer (Demokrat), Pemimpin Senat dari Partai Republik Mitch McConnell dan Pemimpin Partai Demokrat di DPR Hakeem Jeffries, disebutkan bahwa Netanyahu akan berpidato di pertemuan gabungan Kongres pada 24 Juli mendatang.

“Kami mengundang Anda (Netanyahu) untuk berbagi visi pemerintah Israel dalam membela demokrasi, memerangi teror, dan membangun perdamaian yang adil dan abadi di kawasan,” bunyi surat tersebut, seperti dimuat Associated Press pada Kamis (7/6).

Baca juga :  Sempurna, La Furia Roja Tak Terkalahkan di Euro 2024

Kehadiran Netanyahu dalam pidato Kongres AS pasti akan menjadi kontroversial dan mendapat banyak protes baik dari anggota parlemen maupun dari pengunjuk rasa pro-Palestina.

Anggota parlemen Demokrat lainnya yang lebih kritis terhadap strategi Netanyahu diperkirakan tidak akan hadir dalam pidato tersebut.

Senator Bernie Sanders, anggota independen dari Vermont, mengatakan: “Netanyahu adalah penjahat perang. Saya pasti tidak akan hadir”.

Kunjungan Netanyahu ke Capitol juga terjadi ketika hubungan antara Presiden Joe Biden dan pemimpin negara Yahudi tersebut semakin memburuk dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga :  10 Potret Dali Wassink Suami Jennifer Coppen Momong Si Kecil, Kini Tinggal Kenangan


Biden secara pribadi dan terbuka mengkritik cara Netanyahu menangani perang tersebut dan mengkritik pemerintah Israel karena tidak membiarkan lebih banyak bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza.

Writer: Riskawati PapeoEditor: Vivi Thalib

Komentar