Presiden Jokowi Resmikan Gedung PYCH di Papua

Papua – ligo.id – Megahnya gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) dengan fasilitas lengkap bagi anak muda Papua diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Selasa (21/3/2023) di Jayapura, Papua.

Presiden Jokowi bersama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan meresmikan gedung PYCH ini untuk menyediakan sarana pengembangan bagi talenta-talenta muda Papua agar ke depan bisa memajukan tanah Papua.

Para menteri ikut hadir dalam peresmian gedung yang akan membawa kebangkitan bagi anak muda Papua itu.

Diantaranya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Pria yang akrab disapa Sandi ini mengatakan gedung PYCH ini membuat bangga masyarakat Papua, khususnya anak-anak muda di sana.

“Ini gedung luar biasa. Dalam waktu sekitar 450 hari, gedung yang berkearifan lokal dibangun dengan cepat dan berkualitas baik bisa dihadirkan masyarakat Papua, khususnya anak muda” ungkapnya.

Sandi mengatakan gedung PYCH ini sangat mendukung ekonomi kreatif karena di dalamnya terdapat UMKM-UMKM yang tumbuh dan berkembang di PYCH Store binaan anak muda Papua.

Baca juga :  Sekdaprov Buka Kegiatan Pembinaan Tata Kelola ASN di Provinsi Gorontalo

“Ini tentu berpengaruh pada ekonomi kreatif. Saya sangat mengapresiasi dan sukses untuk Papua Youth Creative Hub” katanya.

Sandi berkomitmen kementeriannya akan membantu para UMKM-UMKM dan industri kreatif seperti kriya khas Papua, batik, fashion, dan lain sebagainya.

“Kami akan bantu mulai dari pelatihan, pendampingan, pemasaran, hingga perizinan dan pelaporan hak kekayaan intelektual yang tadi sudah didaftarkan. Terakhir pembiayaan. Kami akan bantu dari perbankan atau nonperbankan untuk membantu para pelaku ekonomi kreatif di sini” katanya.

Sementara itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini juga memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang telah menwujudkan wadah bagi anak muda Papua dalam mengembangkan talenta-talenta mereka.

“Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan karya yang indah untuk anak bangsa di Papua. Sekarang guys, anak muda Papua, kalian punya tempat untuk berkreasi” kata perempuan yang akrab disapa Risma ini.

Dengan adanya PYCH ini, Risma berharap anak muda Papua bisa membawa nama baik Papua hingga ke penjuru dunia.

Baca juga :  Penjagub Ismail Halalbihalal Bersama Alumni SMA Negeri 1 Kabila  

“Bawa nama Papua, bukan hanya indonesia, melainkan juga seluruh dunia. Selamat berkarya dan selamat untuk perjuangan kalian. Sukses selalu untuk anak muda Papua. Salam” ucapnya.

Untuk diketahui, beragam program yang sudah berjalan di gedung ini dapat diikuti anak-anak muda Papua dari berbagai kalangan dan daerah, meliputi pelatihan dan pengembangan minat-bakat bahkan pembinaan kewirausahaan sekaligus pemasaran.

Di antaranya pelatihan seni kriya ragam suvenir khas Papua, kuliner, desainer, dan modeling, seni tari, puisi, podcast, fotografi, seni pahat, seni suara, dan musik.

Juga ada pelatihan perakitan, reparasi gadget, PC, dan laptop oleh Puslitbang BIN hingga bimbingan tes sekolah kedinasan.

Gedung PYCH dibangun dengan arsitektur khas adat Papua, yaitu atap Honai Jayapura dan atap Kariwari Wamena.

Selain memiliki asrama berkapasitas seratusan orang, Gedung PYCH juga dilengkapi cafe, co-working space, studio musik, studio fotografi, ruang podcast, ruang konseling, teater, hingga ruang serbaguna.

Gedung ini juga memiliki fasilitas internet berkecepatan tinggi.

Baca juga :  Apel Perdana Pasca Idulfitri, Penjagub Ingatkan ASN Segera Bekerja  

Adapun yang cukup menonjol adalah PYCH Store yang merupakan tempat pemasaran berbagai produk dari para entrepreneur muda dan UMKM.

Selain display, pemasaran juga dilakukan secara online agar bisa menembus pasar nasional, dan internasional.

Semua produk dipasarkan dengan label “PCYH”. Ratusan UMKM telah bergabung di sini dengan ribuan item produk.

Sebagian telah berhasil didaftarkan untuk mendapatkan hak kekayaan intelektual atau HKI.

Dalam acara peresmian, Menkumham Yasonna H. Laoly menyerahkan secara simbolis tanda pendaftaran HKI kepada pembina PYCH, Kepala BIN Budi Gunawan.

Turut hadir dalam acara peresmian Menkumham Yasonna H. Laoly, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan/Plt. Menpora Muhadjir Effendy, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menparekraf Sandiaga Uno, dan sejumlah pejabat negara lainnya.

Lalu, Rektor UNHAN Amarulla Octavian, Rektor Universitas Hasanudin Jamaluddin Jompa, Rektor Universitas Cenderawasih Oscar O Wambrauw, kemudian sejumlah tokoh adat, agama, dan pemuda. #

Komentar