oleh

PPS Bone Bolango Verifikasi Faktual Dukungan Bakal Calon Perseorangan

LIGO.ID – KPU Kabupaten Bone Bolango secara resmi mulai melaksanakan tahapan Verifikasi Faktual Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pilkada Bone Bolango. Verifikasi Faktual yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) ini dilakukan ditingkat Desa

Tahap verifikasi faktual oleh PPS yang sempat tertunda lantaran pandemi Corona akan dilaksanakan selama 14 hari, sejak Senin (29/6) sampai Minggu (12/6). Tahap verifikasi dilapangan dilakukan untuk memastikan dukungan usai dokumen bakal calon perseorangan diserahterimakan.

Sebelumnya, seluruh PPS yang ada di kabupaten Bone Bolango telah menerapkan ptorokol kesehatan dengan melakukan Rapid Test COVID-19 pada Minggu kemarin (28/6), dan dibekali dengan APD. Hal itu, kata Sutenti Lamuhu sebagai syarat dalam melaksanakan tugas verifikasi faktual, karena verfak dilakukan dengan metode sensus.

“Rapid Test yang dilakukan oleh PPS adalah syarat sebelum melaksanakan tugas Verifikasi Faktual Bakal Calon Perseorangan” kata Sutenti Lamuhu, Anggota KPU Divisi Teknis. Senin (29/6).

“Verfikasi faktual dilakukan dengan cara sensus, karena itu kami juga membekali PPS dengan APD sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan virus Covid-19, yakni Pelindung Wajah, Sarung Tangan, Masker, Handsanitizer, Cairan Disinfektan dan Tisu” lanjut Sutenti.

Menurut Ketua KPUD Bone Bolango, Adnan Berahim, saat verifikasi faktual PPS memang harus dilengkapi dengan APD yang juga diatur dalam sesuai Edaran KPU KPU RI Nomor 481/PL.02.2-SD/06/KPU/VI/2020.

“PPS dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) dalam melaksanakan verifikasi faktual sebagai bentuk komitmen penyelenggara (KPU) dalam mencegah penyebarluasan COVID-19”  jelas Adnan. Senin (29/6).

Karena tahap verifikasi faktual dilakukan di tengah pandemi Corona, Liaison Officer (LO) atau Tim Bakal Calon Perseorangan diminta untuk menerapkan protokol kesehatan bagi pendukung yang akan diverifikasi oleh PPS.

“Sebelum melakukan verifikasi, PPS meminta pendukung untuk menggunakan masker dan alat tulis sendiri” tandas Adnan Berahim. (kk.tr/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *