Persiapan Coklit, KPU Provinsi Gelar Rakor Bersama KPU Kabupaten Kota

KPU Provinsi Gorontalo menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) untuk Pemutakhiran Data Pemilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 pada hari Jumat (14/6). Acara ini bertempat di Oceana Resto & Resort Kota Gorontalo.
Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo, Kepala Sub Bagian Perencanaan, Data dan Informasi, serta admin atau operator SIDALIH. 
“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan pelaksanaan pemutakhiran data pemilih dan pencocokan serta penelitian (coklit) menjelang Pilkada Serentak Tahun 2024,” ujar Anggota KPU Provinsi Gorontalo Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Sophian Rahmola. 
Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem, bersama Anggota KPU Provinsi Gorontalo, Sophian Rahmola, dan Hendrik Imran, membuka rapat ini dengan memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Fadliyanto menekankan pentingnya akurasi data pemilih untuk menjamin proses demokrasi yang transparan dan akuntabel. Ia juga mengapresiasi upaya semua pihak yang terlibat dalam persiapan ini.
“Kegiatan ini merupakan langkah awal yang krusial dalam memastikan setiap warga yang memiliki hak pilih dapat terdaftar dengan benar. Kami berharap seluruh peserta rapat dapat memahami dan menjalankan tugas mereka dengan maksimal demi suksesnya Pilkada 2024,” ujar Fadliyanto.
Selanjutnya, dalam rapat ini juga dibahas teknis pelaksanaan coklit, termasuk penggunaan aplikasi SIDALIH yang akan mempermudah proses pendataan pemilih. Acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan diskusi interaktif antara peserta dan narasumber, yang bertujuan untuk memperjelas tantangan selama pemutakhiran data pemilih dan memberikan solusi atas berbagai tantangan yang mungkin dihadapi selama proses pemutakhiran data pemilih berlangsung.
Dengan terlaksananya rapat koordinasi ini, diharapkan seluruh persiapan menuju Pilkada Serentak 2024 dapat berjalan dengan lancar, dan data pemilih dapat diperbaharui dengan akurat serta terpercaya.

Baca juga :  UNG Laksanakan Ujian CBT Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri
Writer: Riskawati PapeoEditor: Vivi Thalib

Komentar