Pemprov Gorontalo Dukung HNSI Maksimalkan Potensi Perikanan dan Kelautan

Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Provinsi Gorontalo diminta Maksimalkan potensi perikanan dan kelautan di daerah. Hal ini diungkap Plt. Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Gorontalo Yosef P. Koton pada Musyawarah Daerah HNSI Provinsi Gorontalo, di Hotel El Madinah, Kamis (13/6/2024).

“Provinsi Gorontalo dengan visi dan misi nya menjadikan sektor kelautan dan perikanan sebagai salah satu program prioritas dalam peningkatan ekonomi kerakyatan, dimana pembangunan sektor kelautan dan perikanan diharapkan dilaksanakan dengan lebih inovatif, kreatif, berkeadilan, dan berkelanjutan,” ungkap Yosef.

Baca juga :  Media Center Posko Bencana Alam Provinsi Gorontalo Berakhir

Provinsi Gorontalo dinilai punya potensi perikanan dan kelautan yang cukup besar dengan perairan yang mencapai 50.500 kilometer persegi terdiri dari luas wilayah laut Teluk Tomini, Laut Sulawesi, dan Zona Potensi Perikanan Tangkap. Berdasarkan Permen KP Nomor 19 Tahun 2022 tentang Estimasi Potensi Sumber Daya Ikan, jumlah tangkapan ikan yang diperbolehkan dan tingkat pemanfaatan sumber daya ikan di wilayah pengelolaan perikanan negara Republik Indonesia ada di dua Wilayah Pengelolaan dan Pemanfaatan (WPP) Perikanan tangkap dengan total potensi 1.341.338 ton per tahun.

Baca juga :  Jumlah Alokasi DIF Kemenkeu: Kota Gorontalo Tertinggi Kedua di Tingkat Nasional
Writer: Riskawati PapeoEditor: Vivi Thalib

Komentar