Pemkot Gorontalo Mulai Gulirkan BCP, Jumlah Penerima Capai 18.000

Pemerintah Kota Gorontalo mulai menggulirkan bantuan cadangan pangan (BCP) dalam bentuk beras, Jumat (17/5/2024). 

Menurut Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, BCP akan diserahkan kepada 18.000 keluarga penerima manfaat (KPM). Setiap KPM, ungkap Marten, akan mendapatkan 10 kilogram beras.

“Bantuan pangan yang disalurkan ini berupa 10 kilogram beras untuk 18.000 KPM yang ada di sembilan kecamatan se-Kota Gorontalo,” ungkap Marten ketika memberikan sambutan pada launching BCP yang diselenggarakan Pemerintah Kota Gorontalo, Jumat (17/5/2024) di halaman kantor wali kota.

Masih kata Marten, sebelum menyalurkan, pihaknya terlebih dahulu melakukan verifikasi dan validasi terhadap data penerima. Verifikasi dilakukan oleh dinas terkait, yakni Dinas Pangan, Bapppeda, Perum bulog beserta pihak transporter 

Baca juga :  Satlantas Polresta Gorontalo Kota Tindaki Penggunaan TNKB Tidak Sesuai Spektek

“Setelah selesai validasi akan langsung disalurkan secara bertahap di sembilan kecamatan,” ucap Marten.

“Diharapkan kepada seluruh pimpinan OPD terkait terutama leading sektornya, kepala Dinas Pangan serta para camat dan lurah agar turut serta dalam mendukung dan mengawasi proses pelaksanaan penyaluran bantuan beras cadangan pangan pemerintah. Apabila ditemukan ketidak sesuaian baik kualitas dan kuantitas bantuan agar dapat di koordinasikan dengan Perum Bulog, untuk dilakukan penggantian sesuai dengan mekanisme yang ada,” imbuhnya.

Terakhir, Marten menjelaskan tujuan dilaksanakannya penyaluran bantuan pangan beras. Menurutnya, bertujuan untuk pengendalian harga beras dan mendukung penstabilan harga beras ditingkat konsumen di Kota Gorontalo. 

“Mengingat beras adalah komoditi pangan pokok yang merupakan salah satu penyumbang inflasi di Kota Gorontalo,” tutup Marten.

Baca juga :  KPU Bonebol Bakal Rekrut 465 Pantarlih

Komentar