oleh

Pemkot Gorontalo Genjot Terwujudnya Reformasi Birokrasi

LIGO.ID – Pemerintah Kota Gorontalo terus berupaya memaksimalkan sistem reformasi birokrasi agar sesuai dengan standar yang ditetapkan secara nasional. Salah satu langkah yang ditempuh dengan melakukan sosialisasi dan evaluasi di semua OPD, terlebih penguatan di Delapan Area Reformasi Birokrasi.

Kepala Bagian Organisasi Sekda Kota Gorontalo, Ramdjan Datunsolang mengatakan, sejauh ini pihaknya tengah melakukan tahapan penyempurnaan indikator reformasi birokrasi. Dimulai dari sosialisasi di semua OPD dan kecamatan, hingga evaluasi secara berskala.

“Sejak tanggal 27 juli sampai sekarang, sudah 3 kali kita melakukan evaluasi khususnya delapan area yang dinilai oleh Kemenpan RB yang disyaratkan pada penilaian reformasi birokrasi” kata Ramdjan usai rapat evaluasi progres Reformasi Birokrasi. Aula Kantor Walikota Gorontalo. Senin (12/10).

Dirinya mencontohkan, penguatan di Delapan Area Reformasi Birokrasi tersebut diantaranya, aspek pengawasan oleh inspektorat, akuntabilitas oleh Bappeda dan pelayanan publik berbasis IT oleh Kominfo.

Baca :  Kepala KUA Tanah Abang Dimutasi Usai Nikahkan Anak Habib Rizieq

Sehingga kata Ramdjan, OPD terkait diminta segera menindak lanjuti apa yang telah direkomendasikan. Seperti dokumen pendukung, Surat Keputusan Tim, Notulen hingga Roadmap Reformasi Birokrasi.

“Sebetulnya untuk pelaporan dapat dilakukan secara mandiri oleh masing-masing operator OPD, melalui aplikasi Kemenpan RB” ucapnya pada rapat yang dihadiri Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, Ismail Madjid.

Untuk menggenjot target tersebut pihak akan terus melakukan evaluasi serta pengecekan progres OPD terkait. Menurutnya, hal itu perlu dilakukan sebagai komitmen bersama meningkatkan nilai Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Gorontalo.

“Apabila data ini telah kita masukkan, maka dari Kemenpan akan melakukan evaluasi dilapangan. Kalau berdasarkan tahun kemarin kita memperoleh nilai B. InsyaAllah target kita akan lebih meningkat,” pungkas Ramdjan. (vn/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *