oleh

Pemda Kabgor Mulai Distribusikan Gaji 13 untuk ASN

LIGO.ID – Setelah menunggu sekian lama, akhirnya Pemerintah mulai mendistribusikan Gaji 13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), khusus kabupaten Gorontalo mulai di distribusikan Selasa 11 Agustus hari ini.

Dalam pidato apel pagi, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, gaji tersebut saat ini sangat dibutuhkan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), terlebih dalam suasana Pandemi Covid-19.

“Gaji 13 sangat dibutuhkan oleh para ASN, apalagi dimasa Virus Corona, dan memasuki tahun ajaran baru, banyak kebutuhan yang menjadi beban hidup.” kata Nelson, Selasa (11/8)

Adapun gaji ke 13 tersebut, akan dihitung sesuai besaran gaji ASN pada bulan Juli 2020 ini, dan meliputi Tunjangan Umum.

“Besarannya setiap PNS adalah sebesar penghasilan bulan Juli 2020 meliputi gaji pokok, Tunjangan Keluarga, dan Tunjangan Jabatan, maupun Tunjangan Umum.” lanjutnya.

Kepala Bidang Anggaran, Badan Keuangan Kabupaten Gorontalo Yanto Manan juga membenarkan informasi terkait Pencairan Gaji 13 tersebut.

Baca :  Pakar Hukum: Pelibatan BIN dalam Penanganan Covid-19 Berpotensi Menimbulkan Penyimpangan

Yanto Manan menuturkan, untuk proses pencairan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu, mulai dari Daftar Gaji, pembuatan Surat Permohonan, sampai ada Penerbitan SP2D.

“Prosesnya mulai hari ini, pertama Daftar Gaji harus mereka dapatkan, yang kedua, untuk rekapitulasi Daftar Gaji 13 itu, SKPD membuat Permohonan SPD, (Surat Penyediaan Dana) setelah baru bisa membuat SPP (Surat Permintaan Pembayaran ) dan SPM (Surat  Perintah Membayar).” tutur Yanto saat diwawancarai via telepon. Selasa (11/8)

“Setelah itu diajukan ke Badan Keuangan, dan kemudian akan diterbitkan SP2D (Surat Permintaan Pencairan Dana), dan ketika SP2D terbit, pihak Bank akan memindahbukukan , uang dari rekening Kas Umum Daerah, ke rekening bendahara di SKPD dan setelah itu langsung ke rekening masing-masing pegawai.” lanjut Yanto menjelaskan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 44 tahun 2020, bahwa yang diberikan Gaji 13 hanya untuk pegawai Eselon II, III, IV beserta staf, dengan total Rp 23 Miliar lebih.

Baca :  Pemda Boalemo Seriusi Peningkatan Kualitas SDM Usia Remaja

“Total gaji bulan ke-13 adalah Rp. 23.259.609.795,. Untuk 5059 pegawai, baik Eselon II, III, IV dan staf.  Sesuai PP 44 tahun 2020 yang tidak diberikan adalah Bupati dan DPRD Gaji Bulan Ke-13 besarannya setiap PNS adalah sebesar penghasilan bulan Juli 2020 meliputi Gaji Pokok, Tunjangan Keluarga, dan Tunjangan Jabatan/Tunjangan Umum.” pungkasYanto. (ed/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *