oleh

Menteri BUMN Ungkap Alasan Indonesia Ambil Vaksin dari China

Jakarta – ligo.id – Erick Tohir Menteri Badan Usaha Milik Negara mengatakan alas an kenapa Indonesia memilih vaksin Sinovac dari China, ia mengatakan bahwa peilihan itu tidak dilakukan secara asal-asalan.

Erick menyampaikan bahwa pemerintah telah mengkontak langsung vaksin dari Eropa dan Amerika Serikat, tetapi respon yang diberikan sangat lambat.

Maka dari itu kenapa pemerintah Indonesia lebih memilih vaksin corona asal China yaitu Sinovac untuk program vaksinasi di dalam negeri.

“Nah kenapa dua negara tujuan saat itu UAE dan China, karena memang sejak awal ketika kita mengontak pembuat vaksin dari Eropa dan Amerika, responnya sangat rendah,” ujar Erick dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR yang ditulis, Kamis (21/1/2021).

Selain itu, Mantan Bos Klub Inter Milan ini melanjutkan, hubungan dagang antara Indonesia-China juga jadi alasan pemerintah memilih vaksin Sinovac dari China.

Baca :  Pemerintah Resmi Keluarkan Keputusan tentang TIM Kajian UU ITE

Ia menjelaskan, hubungan dagang keduanya telah berjalan dengan lancar baik ekspor maupun impor.

“Hubungan dagang dengan china saat itu terbukti bagaimana China bantu ekspor Indonesia masuk ke China ataupun kerja sama lainnya,” ucap dia.

Dari alasan itulah, Erick langsung menugaskan, BUMN-nya yaitu PT Bio Farma (Persero) untuk melakukan penjajakan dengan Sinovac terkait pasokan vaksin.

“Dari penjajakan itulah kami kembali ditugaskan Bio Farma melakukan penjajakan vaksin. Bio Farma memang adalah perusahaan yang sudah memproduksi vaksin sejak dulu dan merupakan peran partner daripada Menkes. Jadi bukan sesuatu yang baru,” kata dia. (#c)

Baca Juga di : Erick Thohir Bongkar Alasan Indonesia Ambil Vaksin dari China

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *