Menteri Agama RI : 1 Ramadhan 1439 H Jatuh Hari Kamis 17 Mei 2018

LINTAS NASIONAL (LIGO) – Berdasarkan hasil sidang isbat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, 1 Ramadhan 1439 Hijriah jatuh pada hari Kamis 17 Mei 2018. Kesimpulan rapat sidang isbat disampaikan langsung Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat menggelar Jumpa Pers.

Dalam Jumpa Pers, Lukman menjelaskan dalam pelaksanaan sidang isbat, pihaknya telah menerima dua laporan, yakni terkait posisi hilal dan kedua adalah laporan dari sejumlah pelaku Rukyatul Hilal yang tersebar di 95 titik seluruh tanah air.

“Dari pelaku rukyatul hilal yang tersebar di 95 titik seluruh Indonesia, kami telah menerima laporan dan kesaksian 32 pelaku rukyatul hilal. Dari 32 yang melaporkan, tidak satu pun yang berhasil melihat hilal. Maka dengan dua hal tadi, perhitungan hisab dan hasil rukyatul hilal yang tidak melihat hilal, sebagaimana ketentuan selama ini yang kita pegangi, sebagaimana fatwa MUI, maka bulan Syakban saat ini kita sempurnakan menjadi 30 hari. Malam hari ini adalah tanggal 30 Syakban, dengan demikian maka 1 Ramadan jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018,”  terang Menteri Agama Lukman Saifuddin.

Sidang Isbat sendiri dimulai sekitar pukul 18.15 WIB. Dan di kesempatan itu dihadiri Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher serta ormas-ormas Islam dan duta besar negara-negara sahabat.

Baca juga :  Ikut Kompetisi StandUp Comedy KipasKipas (COPAS) Sekarang!!

Laporan : Bayu Supratna
Editor : Ang

Komentar