oleh

Marten Taha di Harkitnas: Spirit Untuk Bangkit Sebagai Bangsa

LIGO.ID – Dalam Peringatan Ke – 113 Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021,Wali Kota Gorontalo mengungkapkan tiga hal penting yang diretas Boedi Oetomo dalam meletakkan dasar- dasar kebangkitan Nasional bagi bangsa indonesia.

“Yaitu cita-cita untuk memerdekakan manusia,memajukan nusa dan bangsa,serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat dimata dunia”ungkap Marten Taha saat memberi sambutan pada hari kebangkitan nasional. Kamis (20/5/2021) di BLY.

Marten mengatakan tiga hal diatas merupakan substansi makna kebangkitan nasional yang harus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas generasi yang seanantiasa diterapkan dalam kerangka dinamis sesuai konteks zamannya dan setiap tanggal 20 mei 1948 presiden pertama RI yaitu Soekarno sengaja melahirkan Organisasi Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme di Indonesia.

Baca :  Curah Hujan Tinggi, Ryan Kono Minta OPD Terkait Antisipasi Dampak Bencana

“Pada era prakemerdekaan, kebangkitan nasional mampu menjadi ruh gerakan perlawanan terhadap hagemoni pejajah”..

“Dan pasca kemerdekaan kebangkitan nasional menjadi inspirasi pelaksanaan pembangunan bangsa,reformasi membawa indonesia menuju pengelolaan negara yang lebih terbuka dan demokratis”, ujarnya

Lanjut,marten mengatakan makna kebangkitan nasional seyogyanya diarahkan menjadi unifying factor (faktor pemandu) untuk mengembangkan demokratisasi disegala bidang,mewujudkan keadilan,penegakkan hukum,kemakmuram dan kesejahteraan rakyat.

“Peringatan hari kebangkitan nasional ini diangkat dari Tema semangat kebangkitan,Bangkit! KITA BANGSA YANG TANGGUH”ungkapnya

Marten berharap dalam peringatan kebangkitan nasional menjadi titik awal dalam membangun kesadaran untuk bergerak mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi bangsa indonesia.

Baca :  Marten Taha Apresiasi Distribusi Bansos NKRI Peduli di Dumbo Raya

“Hari kebangkitan nasional mengingatkan kita kepada semangat untuk bergerak sebagai bangsa,tanpa memandang perbedaan suku,agama,ras dan golongan,mari kita memacu ekonomi dan kemajuan peradaban sebagai simbol kebangkitan bangsa,Menuju Indonsia Digital,semakin digital semakin maju”pungkas marten. #vv/ar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *