oleh

KUA-PPAS 2022, Marten Taha Optimis Pertumbuhan Makro Ekonomi Gorontalo

Kota Gorontalo – ligo.id – Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Percepatan Pemulihan Ekonomi serta Reformasi Sosial, itulah topik utama saat Wali Kota Gorontalo Marten Taha menyampaikan RKPD tahun 2022 dihadapan Anggota DPRD kota Gorontalo. Rabu (21/7/2021)

RKPD tahun 2022 merupakan tahun ketiga dalam pelaksanaan RPJMD tahun 2019-2024 dengan dengan enam prioritas pembangunan.

“Pembangunan Manusia, Pembangunan Infrastruktur, Meningkatkan Ketahanan dan Daya Saing Ekonomi Kerakyatan (UKM dan Koprasi), Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran, Reformasi Birokrasi dan Penguatan peran Agama dan Budaya.” ungkap Marten pada Rapat Paripurna penyampaian Rancangan KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2022.

Ia optimis terhadap pertumbuhan makro ekonomi daerah, yang diharapkan tetap stabil melalui upaya-upaya untuk mewujudkan kondisi keuangan daerah yang sehat dan berkelanjutan.

Baca :  Agustus 2021, Target Penyerapan Dana PEN Kota Gorontalo Dimulai

“Meningkatkan produktivitas APBD, penciptaan iklim investasi yang kondusif, penguatan fiskal buffer serta pengelolaan keuangan daerah yang fleksibel dan bijaksana.” tutur Marten.

“Struktur RAPBD Kota Gorontalo untuk tahun 2022, bersumber dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diharapkan bisa mengurangi angka kemiskinan di Kota Gorontalo.” lanjutnya.

Laju pertumbuhan ekonomi kota Gorontalo selama 3 tahun terakhir, jelas Marten, sedikit mengalami perlambatan pada tahun 2017 di angka 7.43%, tahun 2018 sebesar 7.01%, tahun 2019 pada posisi 6.97% dan di tahun 2020 mengalami kontraksi sebesar minus 0.02%.

“Laju pertumbuhan ekonomi ini diharapkan akan meningkat sampai pada akhir tahun 2021. Meskipun perekonomian nasional dan global belum membaik,” jelasnya.

Untuk itu, Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD  2022 digunakan sebagai dokumen dasar perencanaan anggaran penyusunan APBD 2022.

Baca :  Marten Taha: Tumbuhkan Perekonomian Butuh Kolaborasi Pemda dan Stakeholder

“Dimana KUA dan PPAS ini merupakan acuan dalam penyusunan rancangan APBD 2022 yang mengacu pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Gorontalo tahun 2022.” lanjut tokoh yang biasa disapa MT itu.

“Dan dokumen RKPD tahun 2022 mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPMJD) Pemerintah Kota Gorontalo tahun 2019-2024 yang saat ini dalam tahapan penyempurnaan Revisi RPMJD.” imbuhnya. #vv/red

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *