oleh

Komisi II Deprov Gorontalo: Anggaran di Sektor Pertanian Masih Kurang

Gorontalo – ligo.id – Komisi II DPRD provinsi Gorontalo bersama Dinas Pertanian mendorong sektor pertanian yang dianggap paling potensial untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi.

Hal ini dibahas dalam rapat sinkronisasi program kegiatan pemerintah provinsi Gorontalo dengan dokumen KUA PPAS pada Rabu (8/9/2021).

Menurut Anggota Komisi II Deprov Gorontalo, Nasir Madjid, sektor pertanian banyak menyerap dari tenaga kerja yang ada di provinsi Gorontalo. Ia menambahkan, pertanian di Gorontalo butuh perhatian lebih utamanya dari sisi anggaran.

“Jadi, menurut kami seluruh anggaran yang ada di provinsi Gorontalo terkait pertanian ini masih kurang. Bagaimana kita memulihkan ekonomi jika sektor pertanian tidak kita perhatikan.” ucap Nasir.

“Dan ini akan berdampak sampai 3 tahun kedepan jika kontribusi kita terhadap pertanian atau peternakan kecil ditahun ini maka dampaknya di 3-4 tahun kedepan.” tambahnya.

Kata Nasir, masalah terkait pertanian jadi aspirasi yang banyak disampaikan masyarakat saat reses beberapa hari yang lalu. Ada keluhan petani tentang penyaluran bibit antaranya kualitas bibit dan distribusi hasil pertanian dari lahan ke jalan.

Baca :  Gagas Pendirian Depo Arsip, Marten Taha Sambangi ANRI

“Itu semua kami sampaikan ke Dinas Pertanian, agar kedepan lebih diperhatikan atau di survey terlebih dahulu untuk melihat titik persoalannya dimana.” jelasnya.

Dalam rapat tersebut Komisi II Deprov mengusulkan agar kedepan dimasing-masing kabupaten/kota minimal memiliki satu pilot project untuk perbaikan kualitas beras.

Namun kata Nasir, untuk satu pilot project tersebut membutuhkan porsi anggaran yang sangat besar yang mencapai angka Rp10 Miliar.

“Harapannya minimal satu kabupaten/kota ada pilot project untuk perbaikan beras, nantinya agar kita tidak lagi membeli beras-beras dari luar daerah.” tandasnya.

Namun, dengan kondisi keuangan yang tidak begitu baik, Nasir berharap agar ditahun-tahun berikutnya pemulihan ekonomi sudah mulai berjalan dengan baik, itu bisa anggarkan. #vv/efd

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *