Kesejahteraan Guru Bisa Lahirkan Ide-Ide Brillian Dalam Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Jakarta – ligo.id – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim angkat bicara soal pentingnya kesejahteraan guru di momentum peringatan Hari Guru yang diperingati setiap tanggal 25 November.

Nadiem menegaskan, untuk melahirkan ide-ide brilian, perlu didukung dengan peningkatan kesejahteraan para guru di seluruh Indonesia.

“Saya pun selalu yakin bahwa ide-ide brilian perlu didukung dengan kesejahteraan para guru” kata Nadiem saat menyampaikan amanat dalam Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2022, disiarkan melalui akun Youtube Kemendikbud, Jumat (25/11/2022).

Oleh sebab itu, Nadiem menyampaikan, pemerintah gencar mengutamakan pengangkatan guru honorer menjadi aparatur sipil negara (ASN). Hal tersebut salah satunya melalui pelaksanaan seleksi ASN pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Namun demikian, Nadiem mengakui masih banyak hal-hal yang mesti disempurnakan dalam upaya pemerintah untuk mengangkat guru honorer sebagai ASN.

Baca juga :  Prabowo Bertemu Gibran, Sandiaga : Komunikasi Politik Cairkan Suasana Jelang Pemilu 2024

Untuk itu, dia menekankan pentingnya semua pihak terkait bergotong-royong untuk bisa memperbaiki segala kekurangan dalam upaya pemerintah mengatasi persoalan ini.

“Karena itulah, semua dari kita harus bergotong-royong agar target kita yakni 1 juta guru diangkat sebagai ASN PPPK dapat segera terwujud” tutur Nadiem.

Mantan bos Gojek ini juga menerangkan, saat ini adalah momentum yang tepat untuk menyamakan arah perjalanan menuju satu tujuan bersama. Tujuan dimaksud yakni pendidikan Indonesia yang maju, berkualitas, dan memerdekakan.

“Terus bentangkan layar kapal besar ini tanpa kenal lelah dengan serempak dan serentak kita hadirkan inovasi dan transformasi mewujudkan merdeka belajar di seluruh penjuru Nusantara” ujar Nadiem.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap pentingnya peran guru dalam mempersiapkan generasi penerus. Menurut Jokowi, peran guru melalui pendidikan akan mampu menciptakan anak-anak bangsa yang kompetitif.

Baca juga :  Penasehat Hukum FS Minta Kliennya Dibebaskan

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam unggahan di akun Twitter-nya terkait dengan peringatan Hari Guru Nasional, Jumat (25/11/2022). Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengucapkan selamat Hari Guru Nasional 2022.

“Kian ke depan, tantangan kian berat. Hanya dengan pendidikan yang baik, anak-anak kita akan siap memasuki masa depan dengan kompetisi yang sengit” tulis Presiden Jokowi. #

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *