oleh

Kantongi Izin BPOM Vaksin Sinovac, Pakar : Masyarakat Tidak Perlu Ragu

Jakarta – ligo.id – Vaksin telah mendapatkan persetujan dari BPOM, masyarakat diminta untuk tidak ragu lagi dengan Vaksinasi Covid 19 yang akan berlangsung besok, 13 Januari 2021.

Telah dikatakan oleh dr. Elizabeth Jane Soepardi. MPH pakar Imunikasi, bahwa dengan izin EUA yang dikeluarkan Oleh BPOM yang telah dikantongi membuat vaksinasi itu aman.

Terlebih, Jane mengingatkan bahwa pemerintah Indonesia juga telah berpengalaman dengan program vaksinasi selama puluhan tahun.

“Indonesia itu sudah sejak tahun 50-an berpengalaman melakukan vaksinasi. Jadi sekarang sudah 70 tahun pengalamannya. Tidak boleh sembarang orang bisa menyuntik, hanya yang punya pengalaman memberikan vaksinasi yang diizinkan. Jadi, masyarakat tidak perlu meragukan pemerintah untuk menjalankan program vaksinasi karena sudah terbukti mampu menyelamatkan jutaan masyarakat,” kata Jane, Senin (11/1/2021).

Tak cukup izin BPOM, vaksin Covid-19 juga harus memenuhi syarat utama dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Jane menyampaikan, WHO mewajibkan keamanan vaksin harus dipastikan terlebih dahulu melalui uji klinis.

Baca :  HMI Kritik Jokowi: Realitas Politik Yang Menghalalkan Segala Cara

“Kalau sudah aman, baru diuji berapa besar efikasinya. Semua vaksin yang sudah memperoleh izin penggunaan dari Badan POM, termasuk vaksin dari Sinovac nanti, berarti sudah lolos uji dan artinya, sudah terbukti aman,” paparnya.

WHO memberikan syarat minimal efikasi vaksin sebesar 50 persen. Artinya, dari 100 orang yang disuntik, minimal 50 orang harus kebal terhadap infeksi virus.

Sedangkan berbagai jenis vaksin Covid-19 yang telah selesai uji klinis memiliki efikasi diatas 50 persen, tutur Jane.

Oleh karena itu masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan vaksinasi untuk virus Corona tersebut, yang sementara pada esok hari tanggal 13 vaksinasi pertama akan dimulai oleh Presiden RI Jokowi. (#c)

Baca Juga di : Vaksin Sinovac Dapat Izin BPOM, Pakar: Masyarakat Tak Perlu Ragu Lagi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *