Jelang Verifikasi Faktual, Sutenty: PPK-PPS dan Panwas Harus Satu Pemahaman

Pada tahapan verifikasi faktual dokumen syarat dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati Bone Bolango, diharapkan adanya satu pemahaman antara PPK, PPS maupun Panwas.

Hal ini sebagaimana disampaikan Ketua KPU Bone Bolango, Sutenty Lamuhu, saat kegiatan bimbingan teknis verifikasi faktual dokumen syarat dukungan bapaslon perseorangan pemilihan bupati dan wakil bupati Bone Bolango tahun 2024, Kamis (20/06/2024).

Kegiatan yang digelar di Ballroom Hotel Damhil, Kota Gorontalo ini diikuti oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas).

Baca juga :  Hendrik Imran Sebut Mundurnya Fadlyanto Koem Tidak Berpengaruh pada Kinerja KPU Provinsi

“Peserta bimtek hari ini sengaja dihadirkan Panwas itu untuk menyamakan pemahaman mekanisme pelaksanaan verifikasi faktual nanti. Karena kami menyadari bersama bahwa kerja-kerja verifikasi faktual itu tidak lepas dari peran-peran Panwas. Sengaja dihadirkan secara bersamaan tidak hanya ketua tetapi anggota, agar dapat memperkuat harmonisasi panwas kecamatan maupun desa begitu pun dengan PPK dan PPS,” ungkap Sutenty.

Pada tahapan verifikasi faktual nanti, Sutenty menjabarkan bahwa terdapat total jumlah dukungan sebanyak 28.539 yang akan diverifikasi faktual.

Masing-masing untuk pasangan Ismet – Risman dengan jumlah dukungan yang akan diverifikasi faktual sebanyak 14.253 dukungan yang tersebar di 17 kecamatan. Sementara pasangan Amran – Irwan dengan jumlah dukungan yang akan diverifikasi faktual sebanyak 14.286 dukungan yang tersebar di 18 kecamatan.

Baca juga :  Plt Asisten III Ajak Masyarakat Gorontalo Taat Bayar Pajak Daerah

“Kami berharap tidak akan ada lagi perbedaan pendapat antara teman-teman PPS dan teman-teman Panwas di lapangan nanti. Meskipun ada perbedaan pada alat kerja masing-masing, akan tetapi rujukannya harus sama, karena regulasinya juga sama,” tambahnya.

Mengingat pentingnya kegiatan ini, Sutenty berharap para peserta Bimtek bisa mengikutinya dengan baik. “Jika ada hal-hal yang masih mengganggu pikiran harus ditanyakan pada bimtek saat ini,” pungkasnya. 

Writer: Riskawati PapeoEditor: Vivi Thalib

Komentar