Jelang Pengundian Nomor Urut, Pasangan Ganjar-Mahfud Bakal Barengan ke KPU

Politisi senior PDIP, Aria Bima memastikan bahwa pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan wakil presiden Mahfud MD akan berangkat bersama menuju Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Selasa (14/11/2023) malam.

Keduanya diagendakan akan bertolak dari Media Center Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud yang terletak di Jalan Cemara Nomor 19, Menteng, Jakarta Pusat, menuju kantor KPU untuk menghadiri pengundian nomor urut

“Kedua pasangan tersebut yang diusung oleh tim pemenangan nasional akan berangkat dari Cemara 19 menuju ke KPU, yang sebelumnya akan didahului dengan salat maghrib bersama,” kata Aria Bima di TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023).

Aria Bima turut mengucapkan terima kasih atas kinerja KPU yang telah menjalankan tugas-tugas penyelenggaraan pemilihan umum. Menurutnya, peresmian pasangan calon presiden dan wakil presiden hari ini menjadi momen yang istimewa untuk demokrasi bangsa.

“Karena melalui proses pendaftaran, verifikasi faktual dan pemeriksaan kesehatan, dan tentunya berdasarkan ketentuan yang berlaku pada Senin, 13 November 2023, KPU menetapkan bakal Pasangan calon Haji Ganjar pranowo dan Profesor Doktor Haji Mohammad Mahfud MD sebagai Pasangan calon presiden dan wakil presiden pada pemilu 2024,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU RI, Idham Holik mengatakan bahwa KPU RI akan menggelar pengundian nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa (14/11/2023) malam.

Hal ini ia sampaikan usai menetapkan ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi peserta Pilpres 2024 secara resmi.

Pengundian nomor urut tersebut berdasarkan ketentuan pasal 245 ayat 2 acara rapat pleno KPU secara terbuka.

“Pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden tersebut rencananya akan digelar di kantor KPU pada Selasa 14 November 2023 jam 18.30 WIB sampai dengan selesai,” kata Idham dalam konferensi persnya di KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023).

Idham juga menerangkan bahwa tahapan masa kampanye untuk paslon presiden dan wakil presiden pemilu 2024 sama dengan untuk pemilu anggota legislatif akan digelar selama 75 hari.

“Akan dimulai pada tanggal 28 November 2023 dan akan berlangsung 75 hari ke depan atau sampai dengan tanggal 10 Februari 2024,” tuturnya.

Komentar