by

Ini Top Mobile Application Terbaik Sepanjang Tahun 2021

Jakarta – ligo.id – Di tengah persaingan & era digitalisasi bisnis, aplikasi mobile dimanfaatkan untuk berbagai tujuan mulai dari pengembangan produk, layanan pelanggan, pemasaran berbasis mobile bahkan pengumpulan data pelanggan.

Lalu, siapa saja Perusahaan dengan Mobile Apps terbaik di tahun 2021?

Aplikasi mobile merupakan sebuah aset yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Khususnya di tengah era persaingan digitalisasi bisnis, sebuah perusahaan perlu melakukan pengembangan aplikasi mobile untuk memberikan kemudahan dalam melayani pelanggannya dan meraih market share di kategorinya.

Pertumbuhan mobile apps seiring sejalan dengan perkembangan teknologi digital yang telah mendorong pertumbuhan penggunaan smartphone di Indonesia.

Mengutip data Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), hingga Maret 2021 jumlah pengguna ponsel pintar di Tanah Air telah mencapai 167 juta orang, atau 89% dari total penduduk Indonesia.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia sebuah perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia mengungkapkan, di tengah popularitas ponsel pintar, aplikasi mobile menjadi aset yang sangat penting bagi sebuah brand atau perusahaan.

Melalui aplikasi mobile, brand dapat terhubung dengan lebih mudah kepada konsumen serta memanjakan mereka guna meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca juga :  Thariq Modanggu Resmi Dilantik sebagai Bupati Gorontalo Utara

“Kehadiran aplikasi mobile juga menjadi solusi efektif bagi perusahaan untuk memudahkan konsumen dalam melakukan aktivitas. Tidak hanya itu, bahkan aplikasi mobile juga berpotensi menjadi magnet untuk menggaet pelanggan-pelanggan baru,” papar Tri Raharjo.

Melihat manfaatnya yang sangat banyak, tidak mengherankan jika perusahaan atau brand, mulai dari perusahaan rintisan hingga perusahaan besar, semakin serius membangun dan mengembangkan aplikasi mobile sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Karena perusahaan yang tidak memiliki aplikasi mobile, akan berpotensi ketinggalan dengan perusahaan lain.

Pertumbuhan Mobile Application tersebut untuk kedua kalinya tercapture oleh TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan INFOBRAND.ID dalam melakukan riset dan memberikan apresiasi TOP MOBILE APPLICATION AWARD 2021.

Sebuah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada brand-brand di Indonesia atas prestasi dalam menciptakan dan mengembangkan mobile application yang dipilih dan mendapat rating terbaik oleh penggunanya sehingga unggul dibandingkan kompetitornya.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND Group mengungkapkan, Top Mobile Application Award 2021 juga menjadi bukti keberhasilan perusahaan dan brand dalam menciptakan saluran pemasaran langsung kepada konsumen dan keberhasilan meningkatkan keterlibatan konsumennya.

“Karena itu, penghargaan ini menjadi bukti bahwa perusahaan menempatkan kepuasan konsumen sebagai prioritas utama perusahaan” ujarnya.

Tidak hanya itu, imbuh Susilowati Ningsih, melalui penghargaan ini perusahaan atau brand juga dapat membangun positioning perusahaan dalam persaingan di era digital. Kemudian sebagai apresiasi perusahaan terhadap konsumen yang telah merasakan manfaat dan nilai lebih yang ditawarkan melalui mobile apps.

Baca juga :  Fadli Hasan Tampung Aspirasi Petani Desa Pangadaa di Dungaliyo

Dan terakhir sebagai apresiasi kepada perusahaan yang berhasil menumbuhkan dan meningkatkan loyalitas serta engagement kepada konsumennya.

Riset TOP Mobile Application Award 2021 dilakukan TRAS N CO Indonesia pada bulan Agustus – Oktober 2021 dengan melibatkan 100 kategori aplikasi dan lebih dari 1.000-an aplikasi terriset. Menggunakan 3 parameter penilaian; Installed Based, Rating Application Based, dan User Experiences Based.

Lebih lanjut Tri Raharjo mengungkapkan, dari riset yang dilakukan di toko aplikasi sistem operasi Android (playstore), teriset 1000 lebih aplikasi dari 100 kategori. Dari aplikasi teriset, tercatat ada 53 miliar unduhan, 1,16 miliar ulasan pengguna, dengan rating rata-rata 4,0.

Adapun 10 kategori aplikasi mobile dengan unduhan terbanyak adalah; Aplikasi Social Media (19,3 miliar), Aplikasi Online Chat (13,4 miliar), Aplikasi Voice/Video Call (8,4 miliar), Aplikasi Map, GPS Navigation (5,2 miliar), Aplikasi Music Player (2,5 miliar), Aplikasi Film & TV Berlangganan (1,2 miliar), Aplikasi Restaurant/Food Recommendation (311,75 juta), Aplikasi Marketplace (288,21 juta), dan Aplikasi Online Transportation (262,10 juta).

Baca juga :  Marten Taha Sambangi Lokasi Kebakaran di Tomulabutao dan Serahkan Bantuan

Sementara 10 kategori aplikasi mobile dengan ulasan terbanyak antara lain; Aplikasi Social Media (439,05 juta), Aplikasi Online Chat (294,42 juta), Aplikasi Voice/Video Call (195,88 juta), Aplikasi Music Player (46,28 juta), Aplikasi Marketplace (26,36 juta), Aplikasi Maps/GPS Navigation (25,96 juta), Aplikasi Film & TV Berlangganan (16,14 juta), Aplikasi Pembelajaran & Bimbel Online (14,54 juta), Aplikasi Online Transportation (14,17 juta), Aplikasi Layanan Pelanggan Provider Seluler (13,17 juta).

Selanjutnya, peraih penghargaan Top Mobile Application Award 2021 adalah: My Super Indo untuk kategori Aplikasi Hypermarket/Supermarket, Alfagift untuk kategori Aplikasi Layanan Minimarket, Kimia Farma Online untuk kategori Apotek Online, Shop&Drive Mobile App untuk kategori Layanan Ganti Aki Kendaraan, Nimo TV untuk kategori Aplikasi Live Stream, BNI Mobile Banking untuk kategori Aplikasi Mobile Banking Bank Nasional, BNI Credit Card Mobile untuk kategori Aplikasi Informasi Kartu Kredit, MUAMMALAT DIN untuk kategori Aplikasi Mobile Banking Syariah, dan LinkAja untuk kategori Aplikasi Uang Elektronik. #red/fen

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *