oleh

Indonesia Beri Bantuan Sebesar 32 Miliar untuk Covid di Palestina

Jakarta – ligo.id – Bertemu dengan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki disalah satu hotel kawasan wisata laut mat, Yordania. Retno Mursadi Menteri Luar Negeri menjanjikan bantuan sebesar US$2,3 atau sekitar Rp. 32 Miliar untuk Palestina.

“Indonesia berkomitmen untuk memberikan US$ 2,3 juta kepada Palestina melalui berbagai mekanisme, bilateral, UNRWA, dan ICRC (Palang Merah Internasional). Saat ini pemerintah Indonesia sedang berkomunikasi erat dengan pemerintah Palestina, UNRWA, dan ICRC. Kami berharap dana bantuan untuk mitigasi COVID-19 bisa dikirim semester pertama tahun ini,” kata Retno.

Indonesia menganggap bahwa sebagai salah satu ketua COVAX AMC Engagement Group pentingnya kesetaraan akses dan distribusi vaksin Covid 19 untuk rakyat Palestina.

Baca :  Pemkot Gorontalo Imbau Warga Kota Waspada Dampak Badai Siklon Tropis

Retno menambahkan semua pihak harus berusaha keras menjadikan tahun ini sebagai tahun yang baik untuk perdamaian antara Palestina dan Israel.

Dia juga mengapresiasi pendekatan berbeda pemerintahan Amerika Serikat di bawah Presiden Joe Biden terhadap Palestina, ketimbang pemerintahan Presiden Donald Trump sebelumnya.

Retno menyambut gembira hasil pertemuan Liga Arab yang memperlihatkan solidaritas 22 negara Arab atas isu Palestina.

Retno juga sudah menerima kabar baik mengenai kesepakatan antara semua faksi Palestina dalam dialog nasional yang digelar di Kairo, mengenai pemilihan umum akan dilangsungkan di Palestina tahun ini.

Baca :  Paris Djali: Penggunaan QRIS di Pemda Bonebol, Inovasi Cerdas HPMU

Komitmen bantuan Indonesia bagi Palestina ini muncul sementara Amerika belum memulai lagi bantuan tahunan sebesar US$ 200 juta untuk UNRWA yang distop semasa pemerintahan Trump.

Uni Emirat Arab dan bahrain mengurangi bantuan bagi UNRWA dalam jumlah sangat besar setelah kedua negara Arab Teluk itu tahun lalu sepakat membina hubungan diplomatik dengan Israel.

Palestina baru memulai vaksinasi COVID-19 pekan lalu setelah menerima bantuan pribadi dari Presiden Rusia Vladimir Putin sebanyak 10 ribu dosis vaksin Sputnik. Israel telah mengirim dua ribu dari lima ribu dosis vaksin Moderna yang mereka janjikan bagi Palestina. (#c)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *