oleh

Harapan Menlu Terhadap AS dalam Penaganan Covid

Jakarta – ligo.id – Retno Marsudi Menteri Luar Negeri dalam jumpa pers mengatakan bahwa Indonesia berharap pemerintahan baru Amerika Serikat bisa memperkuat kerjasama multilateral dalam bidang penanganan Covid 19

Retno menyampaikan bahwa semua negara di dunia diharapkan menjadi bagian dari solusi terhadap pandemi Covid-19.

“Indonesia mengharapkan kepemimpinan Amerika Serikat dapat memperkuat multilateralisme, termasuk menjadikan PBB lebih responsif dan efektif, dan juga dapat memperkuat kerja WHO di tengah tantangan pandemi yang luar biasa ini,” kata Retno.

Selain itu kata Retno Indonesia juga berharap, Amerika dapat menjadi motor bagi terciptanya dunia yang lebih aman, damai, dan stabil.

Baca :  Program BSPS di Gorontalo, Bank Mandiri Kucurkan Dana Rp. 22,5 Miliar

Tindakan dan solusi secara sepihak yang tidak sejalan dengan hukum internasional, menurutnya perlu dihindari sementara penyelesaian konflik secara damai harus senantiasa dikedepankan.

Indonesia juga mengharapkan kontribusi positif Amerika terhadap penyelesaian masalah Palestina-Israel yang berkeadilan sesuai resolusi PBB dan parameter internasional yang disepakati, termasuk solusi dua negara.

Indonesia menyatakan siap mendukung Amerika dalam menciptakan perdamaian yang lestari dan inklusif di Afghanistan.

Di kawasan Asia Tenggara dan sekitarnya, Indonesia mengharapkan Amerika dapat meningkatkan kemitraan strategis dengan ASEAN serta memperkuat sentralitas ASEAN.

Retno menegaskan kawasan Asia Tenggara dan sekitarnya termasuk Laut Cina Selatan akan tetap stabil dan damai jika semua negara menghormati hukum internasional, termasuk UNCLOS 1982.

Baca :  Aksi Heroik Kapolsek Evakuasi Korban Banjir

Retno menjelaskan harapan ketiga terhadap Amerika adalah komitmen Amerika terhadap pembangunan tata ekonomi dunia yang kuat dan berkelanjutan.

Indonesia mengharapkan Amerika dapat menjadi pendorong sistem perdagangan dunia yang terbuka, berkeadilan, dan saling menguntungkan.

Indonesia juga mengharapkan perhatian Amerika terfokus pada ekonomi ramah lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan, memerlukan semangat kolaborasi dan kepemimpinan global yang lebih kuat untuk mewujudkan dunia yang lebih baik.

Dunia juga memerlukan multilateralisme yang kuat dan adil. Terkait hal tersebut, Retno mengatakan komitmen dan kontribusi Amerika sangat ditunggu oleh dunia. (#c)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *