oleh

Hadiri Sidang, Kuasa Hukum Rizieq Tak baca Eksepsi

Jakarta – ligo.id – Habib Rizieq Shihab kembali jalani sidang lanjutan dengan egenda Eksepsi di Pengadilan Negeri Jakarta Timur hari ini.

Dari pihak Rizieq menyampaikan bahwa, sudah mengirimkan berkas eksepsi atau bantahan atas dakwaan jaksa ke majelis hakim.

Oleh sebab itu, kuasa hukum Habib Rizieq menyampaikan bahwa ekspasi tersebut tidak akan dibacakan didalm persidangan nanti.

“Kita kemarin kan, acara hari ini kan pembacaan eksepsi. Cuma kita tidak kita bacakan di ruang sidang, kita hanya serahkan kepada hakim,” kata salah satu kuasa hukum Habib Rizieq, Alamsyah Hanfiah di PN Jakarta Timur, Penggilingan, Jakarta Timur, Selasa (23/3).

Langkah tersebut diambil pihak Rizieq lantaran persidangan masih digelar secara virtual atau online. Alamsyah mengklaim pihak kuasa hukum tidak akan hadir dalam persidangan.

Baca :  Kecelakaan Maut di Tanjakan Munte, Pemotor Tewas Tabrak Truk

“Jadi tetap kita tidak menghadiri sidang, akan tetapi kemarin sudah kita serahkan ke pengadilan berkas eksepsinya,” katanya.

Adapun Alamsyah membeberkan isi eksepsi yang dikirimkan pihaknya ke majelis hakim.

Pihak Rizieq berkeberatan atas dakwaan penghasutan dalam kasus kerumunan di Petamburan dan Megamendung.

Selain itu ia juga mempermasalahkan soal Surat Keputusan Bersama (SKB) pembubaran FPI.

“Tiba-tiba diterapkan pasal 160 KUHP, dan UU Kekarantinaan. Tidak ada hubungan hukum antara peristiwa pelanggaran SKB menteri dan pasal 160 dan UU Kekarantinaan. Itu yang pertama. Maka dengan itu batal,” tuturnya.

Kedua, pihak Rizieq berkeberatan atas penggabungan delik umum dan deli khusus dalam Pasal 160 KUHP tentang penghasutan.

Baca :  Bupati Minsel Pantau Ketersediaan Pangan Jelang Idul Fitri

“Alasan ketiga, unsur yang ada berbeda, ancaman hukuman berbeda. Jadi tidak mungkin ditambahkan. Kemudian, jika ada penggabungan seperti itu, maka yang digunakan hanya delik pidana khusus. Jadi tidak boleh digabung kalau beda,” tandasnya. (#c)

Baca Juga di : Habib Rizieq Kembali Sidang Hari Ini, Kuasa Hukum Tak Mau Bacakan Eksepsi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *