oleh

GAMKI Minsel Gagas Pendidikan Ideologi Pancasila Untuk Pemuda

Minahasa Selatan – ligo.id – Wacana kewarganegaraan yang dinilai sejumlah pemuda mulai tergerus zaman dan lajunya informasi, perlu dilakukan penguatan kembali seperti di masa-masa sebelum reformasi.

Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Minahasa Selatan bersama anggota DPD-RI dapil Sulawesi Utara (Sulut), Stevanus BAN Liow membahas terkait hal itu dalam diskusi dengan tema “Mewujudkan Generasi Muda Berwawasan Kebangsaan”.

Topik hangat yang mencuat dalam diskusi itu soal Pendidikan Moral Pancasila (PMP) yang selama ini sudah ditiadakan dalam mata pelajaran di sekolah.

“Mata pelajaran PMP ini sangat bermanfaat untuk menanamkan moral kepada generasi muda saat ini.” ucap Stevanus. Cafe Kopi Singgah Ranomea Minsel. Senin (19/6/2021).

”Seharusnya pendidikan moral kepada kaum milenial, atau kaum muda Indonesia, seharusnya mata pelajaran ini tetap dilaksanakan di sekolah,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua GAMKI Minsel, Sriwulan Suot S.I.Kom., dalam diskusi, Pengurus GAMKI sudah mengusulkan kepada pemerintah melalui anggota DPD RI Stevanus BAN Liow, terkait dengan mata pelajaran PMP.

Baca :  Tahir Badu: Pemda Segera Cairkan Insentif Nakes di Bone Bolango

“Apalagi sekarang banyak anak-anak muda yang bahkan tidak bisa menghafal Pancasila.” ungkap Sriwulan menyayangkan kondisi pemuda saat ini.

“Sangat disayangkan jika kaum muda tidak akan tahu lagi tentang ideologi kebangsaan dan perjuangan para leluhur dan para pejuang bangsa, dan lebih parah lagi jika mereka sudah mengacuhkan moral kebangsaan.” sambungnya.

Menurutnya, GAMKI akan mengawal usulan ini. Stevanus BAN Liow pun sudah mengapresiasi usulan ini dan akan disampaikan ke pemerintah pusat, terkait dengan mata pelajaran PMP.

“Untuk itu, GAMKI Minsel berharap agar supaya mata pelajaran itu bisa kembali dijadikan mata pelajaran di sekolah. Supaya para generasi muda Indonesia lebih mengenal Pancasila dan pasti akan disertai dengan pemahaman kemanusiaan dan keagamaan,” tegas Sri Wulan.

Kedepan, GAMKI Minsel akan merancang program untuk anggota, yaitu program pelatihan kader terkait ideologi Pancasila.

Baca :  Hadijah Tayeb: GTRA Mengatasi Masalah Agraria di Kabupaten Gorontalo

“Program pengkaderan itu direncanakan dimulai tahun depan, dan itu sudah diusulkan dan pak Stevanus BAN Liow akan coba memfasilitasi untuk bisa bekerjasama dengan MPR RI yang nanti akan menjadi narasumber, agar kader GAMKI Minsel lebih berkualitas,” imbuhnya. #stv/red.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *