oleh

Esok, Vaksinasi Lansia Tahap 2 Dilaksanakan

Jakarta – ligo.id – Melalui Kementrian Kesehatan pemerintah akan segera melakukan vaksinasi Covid 19 tahap ke dua pada kelompok umur dan profesi pada esok hari Rabu 17/2/2021 hingga dua bulan kedepan.

Maxi Rein Rondonuwu Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, menyampaikan bahwa jumlah sasaran vaksin pada tahap kedua ini sebanyak 38.513.446 orang.

Pada vaksinasi ini akan diarahkan pada 21 juta orang lanjut usia di atas 60 tahun dan 17 juta kelompok profesi.

“Program vaksinasi tahap kedua ini akan berlangsung mulai Februari dan kita harapkan dapat selesai pada Mei, seiring pada bulan Mei juga kami akan memulai tahapan untuk masyarakat lainnya pada tahun ini,” kata Maxi dalam jumpa pers virtual, Senin (15/2/2021).

Dalam hal ini golongan yang termasuk dalam vaksinasi tahap dua tersebut yakni pedagang pasar, pendidik (guru, dosen, tenaga pendidik), tokoh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah, ASN, keamanan (TNI-Polri), pariwisata (petugas pariwisata, hotel, restoran), pelayan publik (damkar, BPBD, BUMN, BUMD, BPJS, Kepala atau perangkat desa), pekerja transportasi publik, atlet, dan wartawan atau pekerja media.

Baca :  Belajar Dari Liburan Tahun 2020, Jadi Alasan Jokowi Larang Mudik 2021

Kelompok profesi ini dapat berkoordinasi dengan institusinya masing-masing untuk pendaftaran vaksin, sementara kelompok lansia akan didata Kemenkes bersama Dukcapil Kemendagri dan BPJS Kesehatan.

Maxi menegaskan penentuan kelompok vaksin tahap kedua ini sudah sesuai dengan rekomendasi WHO, Strategic Advisory Group of Experts on Immunization (SAGE), dan Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Nantinya, vaksinasi akan dilakukan di empat tempat seperti fasilitas kesehatan umum, fasilitas kesehatan institusi, tempat vaksinasi massal, dan vaksinasi bergerak seperti di pasar.

Baca :  Akun Resmi Ustadz Abdul Somad di FB, Raib!!

Pemerintah menjamin program vaksinasi hingga penanganan bila terjadi efek samping berat tidak akan dipungut biaya alias gratis. (#c)

Baca Juga di : Rabu, Lansia hingga Pedagang Pasar Bakal Disuntik Vaksin Covid Tahap 2

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *