oleh

Di Akhir Masa Jabatannya, Bupati Nelson Ikuti Upacara Adat Modepito

Limboto – ligo.id – Nelson Pomalingo ikuti prosesi Upacara Adat Modepito (mengantar) dalam rangka mengakhiri masa jabatan Bupati Kabupaten Gorontalo Periode (2019-2021) di kediaman Bapak Nelson Pomaligo Desa Tinelo Kecamatan Telaga Biru.

Upacara adat modepito (mengantar) dimulai pada pukul 14:30 Wita dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Kabupaten Gorontalo menuju kediaman Bapak Nelson Pomalingo di Desa Tinelo.

Bupati Dua Periode tersebut mengungkapkan bahwa prosesi adat modepito (mengantar) harus dilestarikan dan dijaga bersama.

“ini prosesi adat yang saya kira perlu kita jaga bersama, karena istilahnya mo’olamohu lipu, mengakibatkan kita tertib, tertata rapi dan itu yang disebut dengan adab, oleh karena itu saya mengikuti prosesi ini dengan baik dan ini mudah-mudahan menjadi penyemangat saya dalam membangun daerah”. Pungkas Nelson, Minggu (21/02/2021).

Nelson menjelaskan bahwa prosesi adat modepito (mengantar) sudah menjadi tradisi bagi pejabat yang sudah selesai masa jabatannya.

Baca :  Bangun Wisata Museum, Deprov Gorontalo Ajak Kolaborasi Pemda Bolsel

“ini sudah menjadi tradisi bagi pejabat yang selesai masa jabatannya namanya ‘mopotolungo’, dan bagi pejabat yang dimungkinkan lagi untuk berlanjut maka itu yang disebut dengan ‘modepito’, jadi hanya di antar”. Jelas Nelson.

Nelson juga menambahkan, bahwa mereka akan melanjutkan prosesi adat setelah dilantik kembali menjadi Bupati dan Wakil Bupati Periode (2021-2026).

“saya berharap insya allah setelah kami dilantik, kami terus melanjutkan prosesi adat seperti ini, karena ini adalah leluhur kita yang menurunkan ini”. Tutup Nelson. (#d)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *