Buka Festival Bedug, Ini Pesan Dan Harapan Pj. Sekda Anis Naki

LINTAS RAMADHAN (LIGO) – Festival Bedug Provinsi Gorontalo resmi dibuka Pj. Sekda Provinsi Gorontalo DR. Drs. H. Anis Naki., Rabu (06/062018) di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan bernuansa Islami dalam menyemarakkan Ramadhan. Ini juga seiring dengan program Pemerintah Daerah untuk melestarikan budaya Gorontalo. Salah satunya adalah Festival Bedug ini, yang sudah biasa kita laksanakan setiap tahunnya,” tutur Pj. Sekda Anis Naki.

Dengan dilaksanakan Festival Bedug ini, Anis mengaku banyak melihat banyak kreatifitas dan kemampuan seni para generasi muda bermunculan. Dan bahkan melalui hal ini para remaja bisa menyalurkan bakat-bakat yang luar biasa.

“Adanya lomba seperti ini, saya liat mereka remaja-remaja ini bisa menyalurkan bakat, sekaligus memberi perhatian pada budaya Gorontalo agar terus dilestarikan. Kepada dewan juri lomba Festival Bedug, saya harap tetap objektivitas dalam melakukan penilaian,” ungkap Anis.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Priwisata Provinsi Gorontalo DR. Ir. Nancy Lahay MP., menyampaikan, Festival Bedug merupakan bagian dari Pesona Ramadhan yang kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo.

“Ini merupakan kegiatan yang setiap tahunnya rutin kita laksanakan. Melalui kegiatan ini juga kami berharap mereka peserta dapat menyalurkan semua kreatifitasnya dan semoga juga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan iman dan taqwa,”  terang Kadispar Provinsi Gorontalo Nancy Lahay.

Nancy menambahkan, peserta yang telah mendaftar sampai hari ini, tercatat sudah 32 peserta dari 3 kategori yang dilombakan, yakni kategori umum diikuti 6 Peserta, kategori pelajar 13 peserta dan kategori OPD Provinsi Gorontalo dan OPD Kabupaten/ Kota 13 peserta.

Dirinya pun mengatakan, Dinas Pariswisata Provinsi Gorontalo masih akan membuka pendaftaran bagi yang ingin mengikuti festival bedug yang akan diselenggarakan selama 3 hari itu.

Susunan peserta festival bedug yang telah mendaftar :

  1. Kategori Umum : Rema Muda Al-Ikhlas Kota Gorontalo, Hulonthalangi Percusi, Rema Muda Masjid Al-ihtihat, Karang Taruna pauwo, Rema Muda Masjid Asolihin, dan Bosas Percusion.
  2. Kategori Pelajar : SMAN 1 Kota Gorontalo, SMKN 1 Kota Gorontalo, SMAN 3 Kota Gorontalo, SMKN 2 Kota Gorontalo, SMAN 1 Telaga, SMAN 1 Tilamuta, SMAN 1 Tapa, SMK Suwawa, MAN Gorontalo (A), MAN Gorontalo (B), MAN Gorontalo (C), SMAN 2 Kota Gorontalo dan SMK 4 Kota Gorontalo.
  3. Kategori OPD : Inspektorat Provinsi Gorontalo, Pemkot Gorontalo, Dinas Penanaman Modal Provinsi Gorontalo, Pemerintah Kabupaten Boalemo, Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Dinas PU Provinsi Goorontalo, Dinas Pendudukan dan Capil Provinsi Gorontalo, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo, Dinas Kominfo Provinsi Gorontalo, Kesbangpol Provinsi Gorontalo, Dinas Sosial Provinsi Gorontalo dan Dikbudpora Provinsi Gorontalo.

Laporan : Najid Lasale
Editor : Bayu Supratna

Komentar