oleh

BPOM : Tak Perlu Khawatir, Lakukan Ini Jika Muncul Efek Samping Vaksin Covid

Jakarta – ligo.id – BPOM telah resmi mengatakan bahwa Vaksin Sinovac telah siap dan aman untuk digunakan dalam keadaan darurat. Namun vaksin ini juga tidak bisa dipungkiri memiliki efek samping

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)  Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP, menyatakan bahwa efek samping dari CoronaVac masih tergolong ringan dan ia mengingatkan hal yang perlu dilakukan jika terjadi efek samping.

Menurut BPOM penerima vaksin yang mengalami efek samping biasanya disebut dengan KIPI atau kejadian ikutan pasca imunisasi.

Baca :  Imbas Covid, 20 Ribu Warteg se-Jabodetabek Bakal Gulung Tikar

Penny mengimbau bagi orang yang mengalami efek samping maka tindakan awalnya adalah melapor. 

“Itu tentunya bisa dilaporkan pada fasilitas layanan kesehatan di mana dia diberikan vaksin tadi ya, kemudian dari situ dilaporkan lagi ke Komda KIPI,” ujar Penny pada Konferensi Pers pada Senin, (11/1/2021).

Kemudian Komda akan melapor ke nasional, namun biasanya pelaporan hingga tingkat ini hanya akan dilakukan pada laporan efek samping serius. 

Pelaporan pada kasus parah bisa sampai pada BPOM sebagai pusat Monitoring Efek Samping Obat (MEZO). 

Efek samping Vaksin CoronaVac dari Sinovac bisa berupa efek samping lokal di mana akan tereasa nyeri, iritasi, dan pembengkakan. Ada juga efek samping sistemik berupa nyeri otot  dan demam.

Baca :  Menteri BUMN Ungkap Alasan Indonesia Ambil Vaksin dari China

“Efek samping tersebut bukanlah efek samping berbahaya dan dapat pulih kembali,” imbuh Penny.(#c)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *