oleh

BASARNAS Pohuwato Dibangun Tahun Ini, Siap-Siap Direkrut Jadi Tenaga SAR Daerah

Pohuwato –ligo.id – Jika tak ada aral melintang, Kantor Badan SAR Nasional (BASARNAS) Pohuwato akan segera dibangun.

Hal ini terungkap saat pertemuan Kepala Basarnas Gorontalo, I Made Junetra dengan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga bersama Wakil Bupati Suharsi Igirisa yang didampingi Kepala BPBD, Ramon Abdjul dan Kadis Sosial, Ahmad Djuuna, Senin, (5/4/2021) di Kantor Bupati.

Menurut I Made Junetra, bahwasanya pembangunan kantor BASARNAS Pohuwato pada tahun ini juga.

“Saat ini proses tender sementara berlangsung sehingga bisa dipastikan pada bulan depan atau setelah lebaran Idul Fitri mulai pembangunannya,” ungkapnya.

Dalam rangka kerjasama antara basarnas dan pemda sebagaimana di daerah lain, maka pihak BASARNAS Gorontalo butuh bantuan tenaga honor yang akan dilatih menjadi SAR daerah. Serta pada Bulan Agustus nanti ada pelatihan gabungan SAR daerah antara TNI,Polri, BPBD, Basarnas.

Baca :  Plt Gubernur Sulsel Lepas Ekspor 2000 Ton Ikan

Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga menyambut baik langkah dan upaya dari BASARNAS Gorontalo terutama pembangunan kantor BASARNAS di Pohuwato.

Kaitan dengan lokasi untuk kantor basarnas jelas Bupati Saipul, sudah disiapkan, lokasinya samping rumah adat atau jalan menuju pantai pohon cinta.

Terkait dengan permintaan tenaga honor yang akan dilatih, pemda kata Bupati Saipul Mbuinga akan menindaklanjutinya dan siap merekrut tenaga honor yang akan ikut pelatihan tersebut.

Pemerintah Daerah dan masyarakat sangat merespon pembangunan kantor BASARNAS, karena sewaktu-waktu musim ekstrim tentu banyak kerjadian yang dialami oleh nelayan.

Baca :  Komisi IV Deprov Gorontalo Soroti Rusaknya Lab dan Aula SMA 1 Kabila

“Mereka berharap ada alat bantu atau pelampung untuk mereka ketika mau melaut,” ungkap Bupati.

Wabup Suharsi Igirisa menambahkan, keberadaan kantor BASARNAS memang sudah sangat dinantikan masyarakat Pohuwato dengan melihat perkembangan musim yang ada, juga harapan nelayan untuk bisa dibantu oleh basarnas gorontalo berupa pelampung mengantisipasi ketika ada yang terjadi.

“Kami sambut baik rencana adanya pelatihan dari basarnas untuk mengasah diri, sehingga kedepan sudah ada tenaga yang punya keahlian, dan mudah-mudahan pelatihan ini bisa bekerjasama termasuk BPBD, supaya ketika ada hal-hal yang terjadi kita sudah siap siaga,” pungkasnya. #yaz/adv

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *