oleh

Bank Indonesia Luncurkan Uang Pecahan Baru, 75 Ribu Rupiah

LIGO.ID – Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, pemerintah dan Bank Indonesia meluncurkan secara terbatas pecahan uang kertas baru dengan nilai nominal Rp75.000.

Dalam peluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan ke-75 secara virtual, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan uang pecahan kertas itu bukanlah yang ditujukan untuk peredaran bebas dan tersedia di masyarakat.

Menkeu RI juga mengatakan, uang dengan nilai nominal Rp75.000 ini juga bukan merupakan tambahan likuiditas untuk kebutuhan pembiayaan atau pelaksanaan kegiatan ekonomi.

“Peringatan kemerdekaan yang ke-75 tahun kali ini dirayakan bersama-sama Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan untuk menerbitkan uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI.” kata Sri Mulyani. Senin (17/8)

“Mata uang ini berbentuk uang kertas pecahan nominal Rp75.000 dengan jumlah lembar yang dicetak sebanyak 75 juta, yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan selaku wakil pemerintah dan Gubernur Bank Indonesia,” sambungnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan, peluncuran UPK ke 75 ditujukan untuk mensyukuri kemerdekaan RI di masa pandemi dan juga untuk menjaga kebhinekaan dan kesatuan RI, serta bertujuan untuk menambah dan meningkatkan semangat bangsa Indonesia dalam menyongsong masa depan dan terus mendukung tujuan kemerdekaan.

Baca :  Pakar Hukum: Pelibatan BIN dalam Penanganan Covid-19 Berpotensi Menimbulkan Penyimpangan

“Momentum ini harus terus kita manfaatkan untuk menumbuhkan optimisme dan semangat rerus menerus untuk membangun dan mencapai cita-cita kemerdekaan, meskipun kita tahu di dalam perjalanan berbangsa dan bernegara kita selalu akan dihadapkan pada berbagai tantangan dan kendala kehidupan termasuk pada saat ini, kita harus mampu untuk menghadapi tantangan COVID-19,” jelasnya.

Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) ke 75 Tahun RI tersebut diserahkan secara simbolis ke keluarga Soekarno-Hatta. Hal tersebut, kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada proklamator serta wujud mensyukuri kemerdekaan yang telah diperjuangkan.

Baca :  Partai Gerindra Benarkan Menteri KP Edhy Prabowo Positif Corona

Dalam acara peluncuran UPK ke-75 tahun RI ini, pemerintah dan BI menyerahkan uang baru dengan nominal Rp75.000 ini pertama kali kepada perwakilan keluarga proklamator, Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta, yang diwakili oleh Guntur Soekarno dan Mutia Hatta.

“Sebagai wujud syukur dan penghormatan kepada proklamator Almarhum Bapak Ir. Soekarno, kami menyerahkan uang peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia, kepada keluarga almarhum Bapak Ir. Soekarno,” ujar Perry saat menyerahkan uang baru secara virtual kepada Guntur.

Menkeu Sri Mulyani juga turut menyerahkan uang spesial ini kepada Mutia Hatta.

“Sebagai wujud syukur dan penghormatan kepada Proklamator kita Drs. Mohammad Hatta, kami akan serahkan uang peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia kepada keluarga Alm.Drs.Mohammad Hatta,” kata Sri Mulyani. (/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *